Topic
Home / Berita / Nasional / MUI Jatim Jamin tak Ada Ormas Islam yang Berangkat ke Ambon

MUI Jatim Jamin tak Ada Ormas Islam yang Berangkat ke Ambon

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Surabaya. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menjamin tak ada satu pun organisasi masyarakat Islam yang berangkat ke Ambon pascakerusuhan.

“Kami sudah duduk bersama berkoordinasi dan membahas persoalan Ambon di kantor MUI Jatim. Kami jamin tidak ada satu pun laskar ormas Islam yang berangkat,” ujar Ketua MUI Jatim, Abdussomad Bukhori ketika ditemui di Surabaya, Jumat.

Beberapa ormas yang hadir dalam rapat koordinasi menyikapi kasus Ambon tersebut di antaranya Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Al-Irsyad, Hidayatullah, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pelajar Islam Indonesia, Front Pembela Islam (FPI), serta beberapa ormas lainnya.

Abdussomad menjelaskan, dalam pertemuan tersebut pihaknya sepakat memberikan rekomendasi kepada Gubernur Jatim dan mendesak kepada pemerintah untuk menuntaskan serta mencari akar permasalahannya.

“Secepatnya kami akan mengirimkan surat rekomendasi dan berharap pemerintah menyelesaikan kasus ini secepatnya,” tutur dia.

Hal senada dikatakan Sekretaris MUI Jatim, Muhammad Yunus. Menurut dia, semua ormas sudah sepakat tidak ada yang berangkat menuju Ambon dalam waktu dekat ini.

Pihaknya berharap kepada pemerintah agar mengutus aparat keamanan yang netral dan sudah teruji tidak membela salah satu pihak yang bertikai.

“Bukannya tidak percaya kepada aparat, tetapi petugas yang diutus ke sana harus memiliki mental dan sikap independen. Semoga pemerintah dapat mengatasi persoalan di Ambon,” papar Yunus. (Stevy Maradona/Antara/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 8.50 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization