Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Mantan PM Turki Erbakan Tutup Usia

Mantan PM Turki Erbakan Tutup Usia

Erbakan, di hadapan para pendukungnya di Istanbul, tanggal 20 April 2003. (Reuters)

dakwatuna.com – Mantan Perdana Menteri Turki Necmettin Erbakan (Najmuddin Erbakan), tutup usia pada Ahad di Ankara, ibu kota Turki dalam usia 85 tahun.

Mursyid ‘Am Ikhwanul Muslimin Dr. Muhammad Badi menyampaikan rasa simpatinya yang tulus setelah kematian mantan PM Turki tersebut. Selain itu gerakan perlawanan Hamas dan Pemerintah Palestina juga mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya.

Ia adalah seorang pemimpin negara, bapak bangsa, sekaligus pemikir dan cendikiawan Islam. Hamas dan pemerintah Palestina yang diwakili perdana menteri Ismael Haneya mengungkapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas meninggalnya pemimpin kaum muslimin tersebut, semoga rahmat dan magfirah (ampunan) dari Allah menyertainya serta ditempatkan oleh Allah pada surgaNya. Sementara keluarga yang ditinggal semoga mendapatkan kesabaran.

Bangsa Palestina sangat bersedih dan kehilangan atas meninggalnya pemimpin besar Turki terebut. Ia telah memerangi sekulerisme yang telah berlaku sejak pertengahan abad ke 20. Ia menjadi perdana menteri Turki sejak tahun 1996. Ia habiskan untuk berkhidmat pada Negara dan bangsanya dan selalu terdepan dalam membela kepentingan ummat, terutama masalah Palestina.

Erbakan melayani masyarakatnya sebagai PM Turki hanya 1 tahun, lalu dipaksa mundur pada tahun 1997 oleh militer Turki yang sekuler.

Partai Kesejahteraannya dilarang melakukan aktivitas politik atau muncul di arena politik pada tahun 1998 dan dia dilarang selama lima tahun.

Partai yang mengendalikan Turki saat ini, AK Party, yang memiliki akar Islami, tumbuh dari Partai Kesejahteraan. (ant/iw/pip/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (15 votes, average: 9.20 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization