Topic
Home / Berita / Nasional / Istiqlal Akan Adakan Qiyamul Lail Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan

Istiqlal Akan Adakan Qiyamul Lail Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan

Masjid Istiqlal (elshinta.com)
Masjid Istiqlal (elshinta.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Masjid Istiqlal akan adakan qiyamul lail pada 10 hari terakhir Ramadhan. Jama’ah yang datang dari berbagai daerah biasanya berjumlah melebih target.

Demikian dikatakan Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Subandi. “Pada tahun-tahun sebelumnya, jama’ah sekitar 3.000 orang, padahal target panitia 1.000. Hal tersebut dikarenakan banyak jama’ah mengharap berjumpa dengan Lailatul Qadar,” katanya, Jumat (20/8).

Qiyamul lail tahun ini bertema ‘Menemukan Lailatul Qadar’ yang akan dilaksanakan pada dini hari pukul 01.00-03.00 WIB. Kadang dalam pelaksanaan shalat lail tersebut akan diakhiri setengah jam sebelum imsak yang dimaksudkan agar para jama’ah bisa mengakhirinya dengan sunnah makan sahur.

Panitia akan menyediakan 1.000 kotak makan sahur untuk jama’ah. Biasanya, ujar Subandi, Jama’ah sudah membawa bekal makanan sahur dari rumah, karena khawatir tidak kebagian jatah dari panitia.

Lazimnya, qiyamul lail di Istiqlal diisi dengan shalat sunnah witir 11 rakaat yang diimami oleh para imam yang huffazh. Setiap malam dibacakan satu juz Al Quran yang dimulai dengan juz ke-21, sehingga pada malam terakhir Ramadhan dibaca juz ke-30.

Malam-malam sepertiga akhir Ramadhan adalah malam-malam penuh harapan, karena pada salah satu malam tersebut diyakini terdapat Lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu, masjid-masjid pada sepuluh malam terakhir dipenuhi dengan jama’ah yang mengikuti i’tikaf, berdiam diri di masjid.

“Bagi kaum muslimin di Jakarta, tentu inilah kesempatan untuk menemukan khusyuknya malam-malam terakhir Ramadhan agar Ramadhan tahun ini sangat mengesankan, menyejukkan hati dan Lailatul Qadar yang dicita-citakan bisa dijumpai,” tambahnya. (mini/dry/kominfo)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 8.63 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization