Topic
Home / Berita / Obama Ingatkan Erdogan

Obama Ingatkan Erdogan

dakwatuna.com – London. Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah mengingatkan Perdana Menteri Turki bahwa sikap Ankara terhadap Israel dan Iran dapat mengurangi peluang untuk mendapatkan persenjataan AS, menurut laporan pada Senin.

PM Turki Recep Tayyip Erdogan berencana membeli pesawat udara tanpa awak AS untuk menyerang separatis Kurdi setelah tentara AS mundur dari Irak pada akhir 2011, kata koran Inggris “The Financial Times” pada Senin, sebagaimana dikutip dari AFP.

Kelompok pemberontak, Partai Pekerja Kurdistan (PKK), memiliki beberapa markas di pegunungan di wilayah utara Irak, mendekati perbatasan Turki.

“Presiden telah mengatakan kepada Erdogan bahwa beberapa tindakan yang Turki ambil telah menimbulkan pertanyaan di kalangan Kongres,” kata seorang pejabat senior.

Sejumlah pertanyaan tersebut berkisar pada keyakinan AS untuk menganggap Turki sebagai sekutu, kata pejabat tersebut.

“Itu berarti beberapa permintaan Turki kepada kami, seperti penyediaan persenjataan untuk melawan PKK, akan semakin berat untuk kami setujui di Kongres,” tambahnya.

AS menyuarakan kekecewaan setelah Turki menolak sanksi baru Iran, yang Dewan Keamanan PBB berlakukan pada Juni.

Ankara menyatakan bahwa Teheran seharusnya diberi kesempatan untuk melakukan kesepakatan pertukaran bahan bakar nuklir, yang ditengahi oleh Turki dan Brazil.

Hubungan antara Turki dan Israel memasuki tahapan krisis setelah penyerangan Israel terhadap kapal konvoi kemanusiaan bertujuan Gaza pada 31 Mei, yang menewaskan sembilan warga Turki.

Obama menyerukan Turki untuk melunakkan sikapnya atas kejadian penyerangan tersebut saat ia bertemu dengan Erdogan pada KTT G-20 di Toronto pada Juni, kata “the Financial Times”. (KR-IFB/A024/ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 9.67 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization