Topic
Home / Berita / Gubernur Jabar Tekad Brantas Buta Huruf Al-Qur’an

Gubernur Jabar Tekad Brantas Buta Huruf Al-Qur’an

dakwatuna.com – Meski belum ada data berapa banyak warga Jabar yang buta huruf Quran, namun Gubernur Jabar Ahmad Heryawan tengah menggodok formula pemberantasan buta Quran.

“Tadi siang saya ngobrol dengan Menteri Agama (Suryadharma Ali). Wajar kalau ke depan ada pemberantasan buta huruf Quran,” ujar Heryawan, di Gedung Pakuan, Jalan Otista, beberapa waktu yang lalu.

Pemberantasan buta huruf Quran, didasari banyaknya pemeluk agama Islam di Jabar. Namun, hingga saat ini belum diketahui secara pasti berapa persen warga Jabar yang buta huruf Quran.

“Berapa persennya (yang buta huruf Quran-red) saya tidak bisa mengatakan. Karena sejauh ini belum ada penelitian berapa masyarakat muslim di Jabar yang bisa baca-tulis Quran,” ungkapnya.

Ide pemberantasan buta huruf Quran di Jabar, kata dia, muncul sejak pelaksaan MTQ tingkat Nasional ke-23 di Bengkulu beberapa waktu lalu. Dalam event tersebut, Heryawan mengaku bertemu dengan menteri agama.

Dalam kesempatan tersebut, ia berbincang dengan menteri agama dan ternyata disambut baik. Dan tadi siang, ia kembali bertemu menteri agama dan membicarakan hal serupa.

“Akan kita pikirkan bagaimana caranya. Saya pikir leading sectornya kementerian agama. Sebagaimana pemberantasan buta huruf latin, kan ditangani Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas),” katanya.

Untuk melaksanakan pemberantasan hal tersebut, pihaknya masih melakukan rancangan program yang akan dijalankan. Namun, Heryawan menegaskan, pihaknya siap melaksanakan program tersebut.

“Orang muslim harusnya bica baca Quran,” imbuhnya.

Sementara, terkait target raihan dalam MTQ tingkat nasional tahun 2012 nanti, Heryawan menargetkan kafilah Jabar bisa mempertahankan prestasi yang sudah ada. Untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya bakal meningkatkan pembinaan terhadap bibit kafilah.

“Kita akan meningkatkan pembinaan. Kita kan punya Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ),” pungkasnya. [detik/tya/ern]

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization