dakwatuna.com – Malang. Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan akan menyukseskan seluruh rangkaian program pendidikan keagamaan sehingga tidak akan sungkan untuk belajar dari sukses orang lain, termasuk dari rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Prof. Dr. H Imam Suprayogo MA.

Pernyataan tersebut dikemukakan ketika meresmikan Masjid Ulul Albab di kompleks kampus UIN Malang, Rabu, di hadapan sejumlah pejabat Kanwil Depag Jatim dan para dosen setempat.

Tolong beri dukungan agar dapat menyesaikan tugas dengan sukses. Termasuk menyukseskan program pendidikan agama yang ditekankan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kata Suryadharma Ali.

Ia mengaku kagum dengan rektor UIN Malang yang mampu mengangkat Perguruan Tinggi (PT) Islam ini menjadi terkenal karena kualitasnya. Belum lagi fasilitas kampus dan gedungnya tergolong mewah.

Empat kali menjabat sebagai rektor dan membuat prestasi terbaik. Karena itu Menag mengakuin akan belajar dari sukses rektor UIN Malang itu.

Terkait dengan kualitas pendidikan, ia mengatakan, di UIN Malang tak ada dikotomi pendidikan bidang ilmu umum dan ilmu keagamaan. Semua diajarkan secara sinergis sesuai dengan perkembangan jaman.

Al Quran itu adalah kitab tertulis yang tipis, tapi kitab alam semesta merupakan ilmu yang merupakan bagian dari ilmu Islam pula, kata Suryadharma Ali. (ant)