Topic Archives: Poligami

Berkah Dengan Satu Istri, Berkah Dengan Poligami

Ilustrasi. (flickr.com/photos/muslimpage)

Secara keyakinan, mukmin sejati meyakini seyakin-yakinnya kebenaran syariat. Secara pemahaman menerima sepenuhnya syariat tanpa keraguan sedikitpun. Mukmin sejati tak menolak dan tak mengenal istilah alergi dengan satu syariatpun. Hatta syariat poligami sebagai solusi yang suci. Meski (mungkin) pahit terdengar. Namun hati tetap mengorientasi Rabbani. Jiwa tetap bersandar pada Ilahi.

Baca selengkapnya »

Bukan Ku Tak Suka “Madu” Darimu

Ilustrasi (inet)

Bukan…aku bukan menghalangimu mengikuti sunnah rasul. Silahkan saja jika kau memang sangat ingin, tapi ku sarankan kau berpikir lagi. Selagi istrimu mampu melaksanakan semua kewajibannya, apalagi yang kau harapkan dari luar sana..?. Jika kau kecewa dengan kekurangan yang ada pada istrimu, tidakkah kau ingat bahwa bisa jadi dia juga berusaha menerima kekuranganmu. Janganlah berpikir terlalu egois, pertimbangkanlah perasaan orang lain. Kalau bahasa kampung saya “lamak diawak katuju diurang (enak bagimu disuka juga sama orang)”.

Baca selengkapnya »

Menjadi Istri Kedua

Ilustrasi. (inet)

Barang kali dianggap nyeleneh permintaanku, tapi memang itulah inginku, setelah menikah kian giat berdakwah, bukan terhambat dakwah karena nikah. Kian ringan karena bersama bukan makin rumit karena berdua. Bismillah bi idznillah. Segera Kami kebelakang menikmati hidangan yang telah disediakan. Rumah pengadilan telah mewujud menjadi istana dadakan. Semua menjadi indah. Dinding keramik merah berasa marmer mewah. Masakan seadanya jadi makanan paling nikmat sejagat. Di ruang makan ini juga disepakati hari penyempurnaan dien Kami. Alhamdulillah.

Baca selengkapnya »

Masih Ramai Tentang Poligami

ilustrasi (ruangpsikologi.com)

Seluruh madzhab memandang nikah secara poligami sebagai perkara normal (normal dan halal) belaka. Bahkan bisa suatu keutamaan. Kalau tidak, mana mungkin para nabi sebagai orang suci yang sudah disibukkan dengan tugas-tugas samawi untuk berdakwah dan membangun umat, masih mau repot-repot menjalaninya: Nabi Ibrahim, bapak seluruh umat beriman berpoligami dengan dua istri, konon 3, Nabi Ya’kub 4 istri, Nabi Dawud puluhan istri, Nabi Sulaiman ratusan istri, dan Nabi Muhammad dengan 9 istri.

Baca selengkapnya »