Topic Archives: Kenakalan Remaja

Remaja Kosong Agama, Moral, dan Pendidikan

Maka, perlu adanya upaya untuk meminimalisir hal ini dengan bergerak di bidang keilmuan, pengawasan lembaga dan pengawasan orangtua. Pembelajaran dan perkumpulan di bidang keilmuan seperti liqo perlu diberdayakan, sinergi dari pemerintah untuk mengaktifkan dan mengoptimalkan lembaga pengawasan internet dalam pemblokiran dan pembatasan usia dalam mengakses situs yang tak layak serta perlu adanya keseimbangan dari pihak orangtua di mana orangtua wajib mengawas penggunaan handphone bagi anak-anaknya. Dengan tiga upaya tersebut, dapat meminimalisir serta mengatasi menurunnya moral dan pendidikan remaja di Indonesia.

Baca selengkapnya »

Peran Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja berawal dari tidak berjalannya fungsi dan peran keluarga dalam mendidik remaja. Orang tua tidak menjalankan tugas dan kewajibannya yang semestinya berkaitan dengan kehidupan anak remajanya. Ayah bunda tidak bisa hanya mencukupi kebutuhan fisik anak remajanya semata, memenuhi fasilitas hidup yang diinginkan bukan yang dibutuhkan, memanjakannya anak remaja dengan alat komunikasi yang serba canggih. Namun sejatinya orang tua harus juga memperhatikan kebutuhan mental spritual anak remajanya sebagai benteng kokoh dalam diri anak dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.

Baca selengkapnya »

Bukan Kenakalan Biasa

Hidup ini adalah soal menambah. Menambah kenalan/ kerabat baik yang selalu mengingatkan dalam kebaikan, yang mendoakan walaupun jasad ini sudah terbungkus kain kafan. Atau menambah kerabat yang justru menjerumuskan kepada keburukan, yang tidak perduli ketika diri kita telah menjemput kematian. Dan barang siapa yang mentaati Allah dan rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu : Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (QS An-Nisa :69).

Baca selengkapnya »

Gara-Gara Ahok, Anak-Anak Ikutan Bilang “Banjingan”

"Nanti jangan salahkan remaja dan anak-anak juga jika mereka menyebut para pejabat itu bajingan karena mereka merupakan daur ulang orang dewasa ," kata Arist Ketua Komnas PA, Jumat (15/11/2013) kemarin. Arist juga mengatakan, pernyataan Ahok sudah masuk kategori kekerasan verbal. "Anak itu punya hak untuk mendapatkan rasa nyaman. Ahok sudah dikategorikan melanggar hak anak karena melakukan kekerasan verbal," ungkapnya.

Baca selengkapnya »
Organization