Home / Pemuda / Essay (halaman 2)

Essay

Wahai Pemuda!

Ilustrasi. (inet)

Engkau akan mendapati pemuda yang mudah tersulut emosinya karena fanatisme yang berlebihan, mungkin fanatisme terhadap daerah asalnya? Terhadap jurusannya? Terhadap organisasinya? Hal ini memang wajar terjadi, sebagai wadah aktualisasi eksistensi pemuda, tetapi hal ini akan menjadi kurang baik bila fanatisme tersebut justru membuat kita untuk berpecah belah dan mudah tersulut konflik apalagi sampai pada taraf anarkisme dan merugikan orang lain.

Baca selengkapnya »

Afwan, Aku Bukan Santri

Ilustrasi. (Ria Amani)

Bersyukurlah kawan, kamu bisa jadi seperti ini, dalam masalah akhlak tak usah kamu melihat itu santri atau bukan, jika itu baik maka ambillah, seperti perkataan imam syafi’i jangan lihat orangnya tapi lihat perkataannya. Mereka juga sama dengan kita masih belajar mendayung kehidupan, asal kita berusaha lebih baik itu sudah lebih dari cukup.

Baca selengkapnya »

Allah SWT Sayang Kita

Ilustrasi. (Salman Al-Farisi)

Allah kasih kita rezeki, dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kebayang gak kalau tiba-tiba Allah cabut sedikit aja nikmat-Nya? Misalnya, Allah hentikan nafas kita selama 10 detik. Cuma 10 detik. Nyesek gak? Nyesek. Panik gak? Panik. Allah ciptakan kita sehat, itu nikmat. Kita aja yang suka gak sadar. Kalau nikmat sehat itu dicabut, pasti baru kerasa itu nikmat kan? Nah loh, Allah sayang gak sama kita? Banget.

Baca selengkapnya »

Virus Merah Jambu Dalam Bingkai Ikhtilath

Ilustrasi. (kartinki2008.ru)

Kesendirian adalah saat-saat berharga di mana kita benar-benar mengasah ibadah, kemampuan, kepribadian dan pencarian ilmu yang sebaik-baiknya. Kesendirian mengajarkan kepada kita, betapa sulitnya medan kehidupan. Kesendirian mengajarkan ketangguhan sebagai insan tatkala berbagai rasa sedih, gelisah, rindu dan benci menerpa. Kesendirian adalah moment untuk mengasah diri bermentalkan kemandirian. Seperti kepompong dalam kesendiriannya bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang indah. Untuk saat ini hanya Allahlah tempat sandaran dan pegangan yang terbaik.

Baca selengkapnya »

Ajang Peningkatan Iman

Ilustrasi. (devianart / akhghazali)

Marilah Kita jadikan semua masalah yang ada di sekitar kita itu untuk ajang meningkatkan level keimanan kita. Menjadikan masalah sebagai pelajaran hidup untuk menjadi yang lebih baik. Tidak malah berkeluh kesah "aduh, kok begini." "hemmm... Masalah kok ada terus." "kenapa hidup ini dipenuhi masalah". Boleh saja sih berkeluh kesah, tapi kepada Allah. Tidak dijadikan sebagai penyebab putus asa. Adanya masalah itu untuk menjadikan kita menjadi lebih baik, bukan tambah buruk.

Baca selengkapnya »

Berani Pacaran

Ilustrasi. (kawanimut / inet)

Pacaran sangatlah jelas dilarang oleh agama, sementara taaruf itu adalah kegiatan bersilaturahmi, kalau pada masa ini kita bilang berkenalan bertatap muka, atau main dan bertamu ke rumah seseorang dengan tujuan berkenalan dengan penghuninya. Bisa juga dikatakan bahwa tujuan dari berkenalan tersebut adalah untuk mencari jodoh. Intinya kita sebagai kaum muslimin harus menjaga diri kita sendiri agar kita tidak dirugikan akibat pacaran tersebut. Hindarilah pacaran jika kalian telah mengetahui larangannya

Baca selengkapnya »

Ternyata, Alquran Bicara Banyak Tentang Remaja

Ilustrasi (inet)

Sebenarnya kisah-kisah di Alquran bicara tentang siapa? Tentang apa? SubhanAllah, ternyata sebagian besar kisah dalam quran ini adalah cerita pemuda tangguh yang mengemban tugas memperbaiki dunia, dan di satu sisinya, mengisahkan pemuda ringkih dan rapuh, jangankan membela Islam, mereka malah menyumpah serapah risalah.

Baca selengkapnya »

Si Tukang Chatting

Ilustrasi. (Foto: unipd-centrodirittiumani.it)

Pesan untuk mereka, yang mungkin sudah mendapat gelar ‘Ikhwan’ atau ‘Akhwat’ deh ya… antum-antum ini orang yang paham di antara orang-orang di luar sana yang memang belum paham, kurangi interaksi yang tidak penting terhadap lawan jenis. Antum ini ternanugi oleh lembaga dakwah, sudah selayaknya antum-antum tunjukkan pada mereka yang belum paham, jika menundukkan pandangan itu tidak hanya di dunia nyata, namun di sosial media pun juga perlu menundukkan pandangan.

Baca selengkapnya »

Ada yang Belum Kenal Hamas? Kenalan Yuk!

Rakyat Palestina di Gaza saat menghadiri pertemuan akbar ketika memperingati milad Hamas ke-24, 14 Desember 2011. (EPA/telegraph)

Hamas adalah akronim dari “Harakah Al-Muqawamah Al-Islamiyah” yang dalam bahasa Indonesia bisa kita artikan sebagai “Gerakan Perjuangan Islam”. Gerakan ini lahir melalui proses yang sangat panjang, bertahap, dan berliku. Itulah mengapa para anggota Hamas benar-benar memahami keadaan Palestina beserta apa yang tersimpan dalam hati nurani rakyatnya, apa itu? Kembali ke pangkuan Islam.

Baca selengkapnya »