Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Pakai Olahan Tinja, Motor Ini Bisa Tempuh Jarak 290 Km

Pakai Olahan Tinja, Motor Ini Bisa Tempuh Jarak 290 Km

dakwatuna.com- Jepang.Para produsen sepeda motor berlomba-lomba menghadirkan kendaraan yang irit bahan bakar, agar dapat mencapai jarak yang cukup jauh.

Hal itu dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memasang teknologi terkini yang hemat bahan bakar hingga mencari alternatif bahan bakar yang lebih efisien dan murah.

Namun, hal itu ternyata tidak hanya dilakukan oleh produsen motor saja. Dilansir dari Inhabitat, Jumat 5 Mei 2017, produsen toilet asal Jepang, TOTO, menciptakan sebuah motor yang menggunakan bahan bakar alternatif.

Karena dikenal sebagai pembuat tempat buang hajat, maka bahan bakar yang digunakan oleh TOTO juga berasal dari kotoran, tepatnya kotoran hewan. Kotoran tersebut diolah menjadi biogas dan ditampung ke beberapa tangki yang ada pada motor.

Mesin yang dipasang pada motor tiga roda ini berkapasitas 250 cc dan sudah dimodifikasi agar bisa memakai bahan bakar jenis biogas. Jarak tempuhnya cukup jauh, yakni sekitar 290 kilometer.

Meski jok yang digunakan adalah sebuah toilet, namun TOTO memastikan bahwa tinja dari manusia tidak bisa digunakan sebagai bahan bakar motor ini. Jadi, jok toilet itu hanya sekadar tambahan untuk membuat orang penasaran saja.

TOTO mengklaim bahwa motor yang diberi nama Toilet Bike Neo ini telah diuji coba berkeliling negara Jepang hingga menempuh jarak 1.400 kilometer. Sayangnya, mereka tidak berniat untuk memproduksi motor unik ini secara massal. Dilansir viva.co.id

Redaktur: Samuri Smart

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Asal Sulawesi Tenggara, hobi mencatat segala inspirasi

Lihat Juga

Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi, Emir Qatar Lakukan Tur Asia

Figure
Organization