Topic
Home / Berita / Internasional / Qatar Peringatkan Iran Agar Jadi Tetangga yang Baik Bagi Teluk

Qatar Peringatkan Iran Agar Jadi Tetangga yang Baik Bagi Teluk

Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman al-Thani. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Doha. Menteri Luar Negeri Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, menegaskan bahwa hubungan antara Teluk dengan Iran harus didasari dengan saling menghormati, Kamis (09/03/2017).

Pernyataan itu diungkapkan oleh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani Saat menerima kunjungan Menlu Iran, Mohammed Javad Zarif. Selain itu, Menlu Qatar tersebut juga menyerukan hubungan tersebut harus didasarkan pada prinsip-prinsip bertetangga yang baik, dan menghindarkan intervensi terhadap urusan negara lain. Selain itu juga penting untuk berkomitmen dengan resolusi dan norma internasional.

Terkait berbagai perselisihan yang selama ini mewarnai hubungan Teluk dengan Iran, Mohammed menegaskan pentingnya penyelesaian sengketa itu melalui negosiasi dan dialog konstruktif.

Sementara itu, Menlu Iran mengungkapkan aspirasi negaranya dalam perkuatan hubungan antara Iran dengan negara-negara teluk. Hal itu dimaksudkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan regional agar terwujud keamanan dan stabilitas di kawasan.

Sebelumnya, Menlu Iran tampak bertemu dengan Amir Qatar, Syekh Tamim Al-Thani. Seperti dilaporkan Kantor Berita Qatar, pertemuan tersebut membahas isu seputar hubungan bilateral kedua negara, serta saling bertukar pandangan terkait perkembangan di kawasan.

Kunjungan Zarif ke Qatar sendiri merupakan yang pertama kali sejak menjabat sebagai Menlu Iran pada bulan Juli 2015 lalu. (whc/alljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Bertentangan dengan Kepentingan Negara, Presiden Iran Tolak Pengunduran Diri Menlunya

Figure
Organization