Home / Berita / Daerah / Usai Debat Terakhir, Survey Katapedia Tempatkan Anies-Sandi Diurutan Pertama

Usai Debat Terakhir, Survey Katapedia Tempatkan Anies-Sandi Diurutan Pertama

Debat Kandidat yang Digelar KPUD DKI Jakarta. (tirto.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Katapedia Indonesia, sebagai perusahaan survey online kembali mengukur elektabilitas pasangan calon gubernur DKI Jakarta berdasarkan dukungan netizen di social media, khususnya di Twitterland.

Katapedia melakukan tiga tahapan survey online selama kurun waktu 21 Januari 2017 hingga 10 Februari 2017.

Pertama, proses pengambilan data pembicaraan (buzz) terkait semua pasangan calon gubernur DKI Jakarta selama 21 hari terakhir, yakni periode: 21 Januri – 10 Februari 2017. Keywords yang digunakan untuk mengambil pembicaraan bagi pasangan no.1 adalah: agus yudhoyono, agus harimurti, @agusyudhonoyono, agussylvi, @sylviani_murni, AHY. Sedangkan keywords untuk pasangan no.2: ahok, @basuki_btp. Dan untuk pasangan no.3: anies sandi, @aniesbaswedan, @sandiuno, @jktmajubersama.

Hasil perolehan data pembicaraan selama 21 terakhir adalah pasangan no.1 sebesar 267.191 tweets, pasangan no.2 sebesar 1.217.271 tweets, dan pasangan no.3 sebesar 504.920 tweets. Total pembicaraan (buzz) sebesar 1.989.382 tweets.

Tahap kedua adalah melakukan proses Text Mining dari semua pembicaraan yang diperoleh, yakni dengan melakukan filter pembicaraan yang hanya mengandung kata-kata yang bersifat elektabilitas: “pilih”, “dukung”, dan “coblos”.

Lalu dilanjutkan dengan tahap ketiga, yakni pembicaraan yang diambil hanya yang memiliki konotasi “Sentiment Positif” saja. Prosesnya dilakukan secara otomotis dengan teknologi Machine Learning, menggunakan Naive Bayes Algorithm, yang ada di software milik Katapedia. Akurasi teknologi ini diatas 70% dalam menentukan sentiment (tone) dari sebuah pembicaraan (buzz) dalam Bahasa Indonesia.

Hasil perolehan data dari tahap kedua dan tahap ketiga adalah sebagai berikut. Untuk pasangan no.1 memperoleh dukungan 96.804 tweets (23,5%). Lalu pasangan no.2 didukung 156.200 tweets (37,9%). Dan pasangan no.3 adalah 159.173 tweets (38,6%).  Dari total dukungan sebesar 412.177 tweets.

Dukungan terhadap pasangan no.3 semakin meningkat dikarenakan tampilan yang baik di acara debat terakhir pemilihan gubernur jakarta tadi malam, 10 Februari 2017. Hal ini dibuktikan dengan dukungan sejumlah 69.322 tweets pada hari itu saja.

“Bila postulat Kemenangan di social media adalah refleksi kemenangan di dunia nyata bisa diterima, maka besar kemungkinan dapat dipastikan pasangan no.2 dan no.3 akan lolos ke putaran kedua. Dan pasangan no.1 akan tersingkir” papar Deddy Rahman, CEO Katapedia Indonesia dalam rillisnya. (SaBah/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

CN: Elektabilitas Anies-Sandi Melejit Hingga 58 Persen

Organization