Home / Berita / Internasional / Asia / Pertama dalam Sejarah Seorang Muslimah Terpilih Jadi Perdana Menteri di Rumania

Pertama dalam Sejarah Seorang Muslimah Terpilih Jadi Perdana Menteri di Rumania

Sevil Shhaideh, muslimah pertama menjabat sebagai Perdana Menteri Rumania. (elmwatin.com)

dakwatuna.com – Bukares. Rumania akan mencatat sebuah sejarah baru dengan terpilihnya seorang muslimah sebagai pemimpin negeri itu, yang akan mengambil sumpah jabatannya sebagai Perdana Menteri di atas kitab suci Al-Quran.

Surat kabar Amerika, New York Time melaporkan, seorang muslimah bernama Sevil Shhaideh (52 tahun) akan menjadi wanita dan muslimah pertama yang menjabat sebagai perdana menteri Rumania.

Diberitakan sebelumnya, pemilu parlemen Rumania telah dimenangkan oleh Partai Demokrasi Sosial, dengan perolehan suara sebesar 46%.

Sumber surat kabar Rumania memberitakan keterpilihan Shhaideh untuk menjabat sebagai perdana menteri diluar prediksi  para pengamat politik, karena namanya tidak masuk dalam list kandidat perdana menteri.

Lebih lanjut disebutkan bahwa keterpilihan Shhaideh sangat unik, karena berasal dari negeri mayoritas beragama Kristen Ortodox, atau sekitar 80%.

Sebelumnya di negara di benua Eropa lainnya, seorang muslimah bernama Atifete Jahjaga terpilih menjadi PM. Kosovo pada tahun 2011-2016. Keterpilihannya dinilai wajar karena dipilih di negeri berpenduduk mayoritas muslim.

Adapun di Rumania jumlah umat Islam tidak sampai 1% dari jumlah total penduduk negara sebanyak 20 juta jiwa, dan kini mereka akan dipimpin oleh seorang muslimah. (msy/dakwatuna)

Advertisements

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Muh. Syarief
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008
  • Fathurrobbani

    semoga beliau sukses…

Lihat Juga

Pilkada DKI Jakarta dan Kekuatan Cinta