Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Protes Kekerasan di Rohingya, Timnas Malaysia Ancam Mundur dari Piala AFF 2016

Protes Kekerasan di Rohingya, Timnas Malaysia Ancam Mundur dari Piala AFF 2016

Timnas Sepakbola Malaysia. (sportanews)
Timnas Sepakbola Malaysia. (sportanews)

dakwatuna.com – Jakarta.  Timnas Malaysia yang saat ini tengah berkiprah diajang piala  AFF Suzuki Cup 2016 diminta untuk tidak melanjutkan kiprahnya. Langkah tersebut diambil sebagai bentuk protes pemerintah Negeri Jiran terhadap kekerasan yang kini menimpa umat muslim Rohingya yang berada di Myanmar.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Khairy Jamaluddin, pihaknya sudah membicarakan hal tersebut saat rapat kabinet yang telah digelar pekan lalu. Khairy pun menuturkan bakal membujuk para pemain Malaysia untuk mundur dari ajang sepakbola termegah di kawasan Asia Tenggara ini.

Saat ini skuat Harimau Malaysia memang sedang berada di Myanmar karena negara tersebut merupakan tuan rumah AFF Cup Grup B. Tim racikan Ong Kim Swee itu satu grup dengan Vietnam, Kamboja serta Myanmar.

Tentunya pernyataan yang dilontrakan Khairy amat mengejutkan. Sebab, Malaysia masih mempunyai kesempatan untuk melaju ke semi-final, karena sekarang mereka menduduki posisi kedua di klasemen sementara dengan raihan tiga poin dari dua kali bertanding.

“Saya mengangkat masalah ini dalam rapat kerja pekan lalu. Kami akan melakukan rapat lagi minggu ini dan segera mengambil keputusan,” kata Khairy seperti dilansir goal.com.

Hal senada juga diucapkan ulama Perlis, Datuk Dr Mohd Asri Zainul Abidin. Ia meminta pemerintah Malaysia untuk mendorong timnas Malaysia pulang ke kampung halaman dan tak lagi berada di Myanmar.

“Apa arti olahraga tanpa kemanusiaan? Lebih dari itu, itu adalah kekejaman yang ekstrim terhadap salah satu kelompok etnis manusia dan mereka adalah muslim. Kami benar-benar berharap pemerintah mengkaji hal ini,” ucapnya.

Sementara itu, dikutip dari liputan6.com, Sekjen AFF, Datuk Seri Azzuddin Ahmad siap melaporkan kasus ini ke FIFA jika rencana mundur tersebut benar-benar dilakukan oleh Malaysia.

Datuk Seri Azzuddin Ahmad, mengatakan, hasrat Malaysia memboikot Piala AFF 2016 akan berdampak buruk bagi sepak bola Negeri Jiran tersebut. AFF siap mengambil sikap dan keputusan tegas bila Malaysia benar-benar mundur. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization