Topic
Home / Dasar-Dasar Islam / Hadits / Syarah Hadits / Hadits: Ringan Di Lisan, Berat Di Timbangan

Hadits: Ringan Di Lisan, Berat Di Timbangan

Hadits (3asfa.com)
Hadits (3asfa.com)

dakwatuna.com – “Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan dicintai Allah yang Maha Rahman, yaitu Subhaanallahul ‘azhiim dan Subhanallah wabihamdihi.” (HR. Bukhari)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan dicintai Allah yang Maha Rahman, yaitu Subhaanallahul ‘azhiim dan Subhanallah wabihamdihi.” (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits:

  1. Anjuran untuk senantiasa berdzikir menyebut nama Allah Swt. Karena dzikir merupakan penenang batin, penenteram jiwa, dan pelipur segala gundah gulana. Orang yang banyak berdzikir kepada Allah Swt, insya Allah jiwa dan hatinya akan lebih tenang dan tenteram serta lebih dapat mengendalikan dirinya.
  2. Hendaknya setiap kita membiasakan membaca dzikir tertentu, khususnya dzikir yang dianjurkan dan atau yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Dan di antara dzikir yang dicontohkan beliau adalah:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِه، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيم

  1. Karena ternyata dzikir di atas, selain ringan di lisan, ia juga memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu memiliki nilai timbangan yang berat di yaumil hisab kelak, dan juga merupakan amalan yang dicintai Allah Yang Maha Rahman.

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan hamba-hamba-Nya yang senantiasa berdzikir kepada Allah serta mendapatkan cinta-Nya. (sb/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Direktur Institut for Islamic Studies & Development Jakarta. Aktif mengisi seminar-seminar ekonomi syariah, memberikan ceramah dan kegiatan kemasyarakatan.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization