Topic
Home / Berita / Daerah / Banjir Sampang, BSMI Jatim Mobilisasi Bantuan Dan Relawan Kesehatan

Banjir Sampang, BSMI Jatim Mobilisasi Bantuan Dan Relawan Kesehatan

Banjir Sampang, BSMI Jatim Mobilisasi Bantuan Dan Relawan Kesehatan
Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Sampang bersama instansi terkait terus bergerak memberikan bantuan kepada korban terdampak banjir Sampang. (Safari/BSMI)

dakwatuna.com – Jawa Timur.  Ribuan rumah terendam banjir luapan Sungai Kemuning  yang menggenangi delapan desa dan empat kelurahan di Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Sabtu (27/2/2016).

Akibat banjir yang merendam kawasan kota itu, ribuan warga Kecamatan Sampang Kota terpaksa mengungsi ke lokasi yang aman dan  kawasan yang lebih tinggi.

Beberapa desa yang terendam banjir di antaranya Desa Gunung Maddeh, Panggung, Pekalongan, Pangilen, Pasean, Kemuning, Tanggumung, dan Banyumas. Sementara itu, empat kelurahan di wilayah Sampang Kota yang terendam banjir meliputi Kelurahan Delpenang, Rong Tengah, Gunung Sekar, dan Karang Dalem. Ditaksir ada sekitar 1600  rumah terendam banjir dengan ketinggian antara 70 sentimeter hingga 1,7 meter.

Sementara itu relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Sampang bersama instansi terkait terus bergerak memberikan bantuan kepada korban terdampak banjir.

“Kami sejak Sabtu pagi sudah mendistribusikan makanan siap saji dan air mineral namun terkendala keterbatasan perahu karet untuk mengirimkan bantuan ke lokasi bencana. Ditambah lagi listrik disini padam”, ujar Indasah selaku Ketua  BSMI Sampang.

Menanggapi keterbatasan sarana dan prasarana untuk membantu korban banjir di Sampang, BSMI Jawa Timur langsung memobilisasi seluruh potensi yang dimilikinya. “Saat ini kami terus berkoordinasi dengan cabang se Jatim untuk pengerahan sumberdaya yang ada”, ungkap dr. Puguh selaku Sekretaris BSMI Jatim.

Pria yang sehari-hari  menjabat sebagai dosen di FK Unair ini menambahkan, dalam tiga hari kedepan tanggap darurat bencana banjir Sampang, pihaknya fokus pada penyediaan makanan siap saji,  Posko kesehatan dan pendistribusian bantuan logistik lainnnya.

Dukungan dari cabang BSMI  di daerah lain juga cukup besar, BSMI Blitar misalnya mengirimkan relawan SAR Air plus tenaga kesehatan. Demikian juga relawan kesehatan dari Sidoarjo, Surabaya dan Pamekasan serta wilayah lainnnya mulai bergerak menuju lokasi.

Tidak hanya mobilisasi relawan, penggalangan  bantuan untuk korban banjir di Sampang juga terus di giatkan oleh BSMI Jawa Timur.

“Untuk beberapa hari kedepan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengungsi diantaranya adalah ; makanan siap saji, air bersih, susu dan popok untuk bayi serta pembalut wanita”, ujar Safari Hasan dari Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial BSMI Jatim

Safari mengatakan BSMI telah menyiapkan Posko Kesehatan di Kantor Kelurahan Gunung Sekar, jalan Imam Ghozali. Lokasi tersebut dipilih karena lokasinya yang strategis dekat dengan terminal.

Bagi Anda  yang  hendak meringankan beban saudara kita yang di timpakan musibah, bisa  menyumbang dana melalui BSMI ke  rekening Bank Syariah Mandiri nomor 7063416872 atas nama BSMI JAWA TIMUR . (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PKPU HI Serahkan Bantuan Makanan Untuk Korban Banjir Solok

Figure
Organization