Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Rezim Kudeta Larang Takziah Wafatnya Saiful Islam Al-Banna di Masjid

Rezim Kudeta Larang Takziah Wafatnya Saiful Islam Al-Banna di Masjid

Saiful Islam Hasan Al-Banna (albawaba.com)
Saiful Islam Hasan Al-Banna (albawaba.com)

dakwatuna.com – Mesir. Kementerian Wakaf (Agama) Mesir menolak acara Al-‘Aza’ (takziah) atas meninggalkan Saiful Islam Al-Banna, putra sulung pendiri Ikhwanul Muslimin Hasan Al-Banna, diselenggarakan di masjid mana pun milik Pemerintah Mesir.

Dalam keterangan pers pada hari Minggu kemarin (7/2/2016), keluarga Saiful Islam Al-Banna mengumumkan pembatalan acara takziah untuk umum tersebut karena adanya larangan dari pihak Kementerian Wakaf.

Pihak keluarga mengumumkan acara takziah yang direncanakan akan dilaksanakan di Masjid Al-Iman (daerah Makram Ebeid Nasr City) pada Minggu malam (7/2/2015) setelah shalat magrib dibatalkan.

Disebutkan bahwa sehari sebelumnya Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Wakaf Mesir juga melarang pelaksanaan acara di Masjid Umar Makram (downtown Kairo), yang menyebutkan larangan itu berlaku untuk seluruh masjid pemerintah.

Saiful Islam Al-Banna meninggal pada Jumat kemarin, 5 Februari 2016, dalam usia 82 tahun. Penyelenggaraan jenazahnya hingga dimakamkan tidak bisa dihadiri oleh banyak pendukung IM dan umat Islam di Mesir akibat ketegangan serta aksi-aksi kekerasan oleh pihak kepolisian, pendukung rezim As-Sisi.

Sudah menjadi bagian dari masyarakat Mesir jika ada anggota keluarga yang meninggal, mereka akan menggelar acara penyampaian belasungkawa (Al-‘Aza’) di masjid terdekat setelah yang meninggal dimakamkan.

Saiful Islam Al-Banna adalah putera tertua Imam Syahid Hasan Al-Banna yang dilahirkan tanggal 22 November 1934. Menyelesaikan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Kairo pada tahun 1956, dan menjalani profesi setelahnya sebagai pengacara.

Saiful Islam pernah terpilih menjadi anggota Parlemen Mesir dari jalur independen tahun 1987, dan pernah menjabat sebagai Sekjen Persatuan Pengacara Mesir tahun 2001. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization