Topic
Home / Berita / Nasional / Pemimpin Gemar Pencitraan, Tanda-tanda Kehancuran Umat

Pemimpin Gemar Pencitraan, Tanda-tanda Kehancuran Umat

Wakil Ketua Komisi VIII (agama dan sosial) dari FPKS Ahmad Zainudin (file)
Anggota Komisi I DPR RI dari FPKS Ahmad Zainudin (ist)

dakwatuna.com – dakwatuna.com. Pencitraan bagi pemimpin terkadang diperlukan. Namun jika seorang pemimpin gemar melakukan tindakan sekadar untuk pencitraan, itu akan membahayakan bagi masyarakat ataupun negara.

“Bahaya jika pemimpin yang bekerja hanya berorientasi pada pencitraan. Itu tanda-tanda kehancuran,” ujar anggota Komisi I DPR Ahmad Zainuddin, dalam siaran persnya kepada dakwatuna.com, Selasa (20/10).

Menurut Zainuddin, pemimpin harus bekerja berdasarkan nilai-nilai keadilan dan kemaslahatan, bukan untuk semata-mata mengejar citra positif dari rakyatnya. Pemimpin berkarakter, lanjut dia, adalah pemimpin yang memiliki visi kuat, komitmen teguh, dan berani bertindak atau melakukan terobosan meski kebijakan tersebut tidak disukai rakyatnya.

Ketua Lajnah Tadrib Dewan Syariah Pusat (DSP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mencontohkan, Nabi Muhammad saw pernah bertindak dengan mempertimbangkan citra. Hal itu terjadi saat sejumlah sahabat mendesak agar Nabi Muhammad saw memerangi tokoh munafik Abdullah bin Ubay bin Salul karena sering memicu konflik di tubuh umat. Namun Nabi Muhammad saw menolak karena mempertimbangkan pandangan umat.

“Tapi pada kejadian lain, Rasulullah tidak mempedulikan citra. Yaitu ketika menikahi Zainab, janda dari anak angkatnya Zaid bin Tsabit. Menikahi janda dari anak angkat adalah aib dalam budaya masyarakat arab. Tapi Rasulullah melawan pandangan umum dan ingin menegaskan anak angkat bukan anak kandung. Dan Islam membolehkan itu,” jelas Zainuddin.

Karena itu Zainuddin mengatakan, pemimpin itu cerminan masyarakatnya. Masyarakat berkarakter akan melahirkan pemimpin yang berkarakter. Sebaliknya, pemimpin yang korupsi dan lemah juga merupakan cerminan masyarakatnya.

“Kalau pemimpin kita tiap siang-malam hanya mendendangkan ‘citra-citra’ di depan umat, ini tanda-tanda kehancuran umat. Ini pemimpin yang tidak berkarakter,” jelasnya.

Pemimpin Harus Berkarakter Qurani

Selain itu, politisi dari..

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization