Topic
Home / Berita / Silaturahim / Jamaah Shalat Idul Adha Padati Halaman Kampus LIPIA

Jamaah Shalat Idul Adha Padati Halaman Kampus LIPIA

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Shalat Idul Adha dihalaman kampus LIPIA Jakarta, Kamis (24/9/15).  (LDK Al-Fatih LIPIA)
Shalat Idul Adha dihalaman kampus LIPIA Jakarta, Kamis (24/9/15). (LDK Al-Fatih LIPIA)

dakwatuna.com –  

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar! Lailaaha Illahu Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil Hamdu!

Gegap gempita suara takbir sudah melangit sejak tadi malam. Begitu juga dengan pagi ini, Kamis (24/09/15). Jalanan ibu kota tampak lengang dan hanya ada beberapa pejalan kaki yang terlihat di pinggiran. Sekitar pukul 05.30 WIB, jamaah sholat Idul Adha mulai berduyun-duyun datang menuju gedung yang berlokasi di Jalan Buncit Raya No 5A Pasar Minggu Jakarta Selatan.  Ya, seperti tahun sebelumnya, kali ini LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab) Jakarta pun menggelar shalat ‘Id berjamaah di halaman kampus.

Shalat Idul Adha yang dilaksanakan tepat pada pukul 06.30 WIB ini berlangsung khidmat. Shalat dipimpin oleh salah seorang dosen LIPIA yaitu Dr. Majdi Manshur Al-Mishri. Usai 2 rokaat singkat, dalam khutbahnya yang penuh semangat, Dr. Majdi mengingatkan kita bahwa Idul Adha ini memang adalah momentum kebahagiaan dan kesenangan. Namun, hendaknya kebahagiaan dan kesenangan itu dalam rangka ketaatan kepada Allah, bukan kemaksiatan. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail.

Jamaah shalat Idul Adha di LIPIA tahun ini cukup banyak. Buktinya halaman kampus LIPIA yang telah dibagi menjadi 2 bagian itu terlihat sangat penuh. Karpet yang sudah digelar sejak semalam pun tidak mampu menampung jamaah yang telah datang. Beberapa di antara mereka harus menggelar sendiri alas untuk shalat. Bahkan, ada juga yang harus berdiri menunggu hingga waktu shalat agar mendapatkan tempat.

Diperkirakan jumlah jamaah tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu, yaitu dengan jamaah ikhwan sekitar 400 orang dan jamaah akhwat sekitar 200 orang. Tidak hanya mahasiswa dan mahasiswi LIPIA saja, beberapa kalangan seperti karyawan ma’had dan masyarakat sekitar juga menjadi bagian dari jamaah ini.

“Liburan Idul Adha kali ini, sepertinya banyak mahasiswa dan mahasiswi LIPIA yang memilih untuk tetap di Jakarta. Makanya, jamaah shalat ‘Id-nya banyak sekali.” Demikian ungkap salah seorang mahasiswi yang ikut melaksanakan shalat ‘Id di halaman kampus LIPIA itu.

Selain itu, tampak juga sejumlah dosen yang hadir dan turut melaksanakan sholat Idul Adha di halaman kampus ini. Di antaranya adalah Dr. Kholid selaku mudir ma’had, Dr. Malik Sya’ban, Dr. Majdi Manshur, Dr. Muhammad ‘Azzazi, Dr. Badr Abdussami, Dr. Bamba, Dr. Basim dan Dr. ‘Ajuz.

Di akhir rangkaian kegiatan shalat Idul Adha itu, para jamaah lantas berhambur dan saling berjabat tangan. Bahkan, para dosen juga menyempatkan diri untuk foto bersama. Beberapa anggota LDK Al-Fatih pun ikut serta dalam kesempatan itu.

Ketua LDK Al-Fatih, Muhammad Syukron Muchtar yang juga hadir saat itu mengatakan,

“Acara semacam ini sungguh sangat penting dan menarik, sebab selain dapat melaksanakan ibadah yang disyari’atkan, juga dapat menumbuhkan semangat ukhuwah dan kebersamaan. Hal itu tampak dari aktifitas pasca khutbah. Semua berbaur, senyum sapa bahkan canda menghiasi ukhuwah, baik direktur, pengajar, mahasiswa bahkan karyawan.” (afina/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Mahasiswi LIPIA. Anggota Komunitas Islam Menulis.

Lihat Juga

Kiat Menghafal Quran

Figure
Organization