Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Dunia Islam Kehilangan Seorang Faqih, Syaikh Wahba Zuhayli

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Dunia Islam Kehilangan Seorang Faqih, Syaikh Wahba Zuhayli

Syaikh Wahba Zuhayli. (all4syria.info)
Syaikh Wahba Zuhayli. (all4syria.info)

dakwatuna.com – Damaskus. Seorang ulama Suriah dan ahli ilmu fiqh terkemuka di dunia Islam, Syaikh Wahba Zuhayli, meninggal dunia, Sabtu (8/8/2015) sore kemarin. Syaikh Zuhayli meninggal dalam umur 83 tahun.

Syaikh Zuhayli adalah salah seorang ulama besar Ahlussunah wal Jamaah dari Suriah. Beliau adalah anggota ahli di sejumlah akademi fiqh, seperti Makkah, Jeddah, India, Amerika, Sudan, dan lainnya. Di Suriah, Syaikh Zuhayli menjabat kepala jurusan fiqh, fakultas Syariah, Universitas Damaskus.

Syaikh Zuhayli pernah mendapatkan penghargaan tokoh Islam terbaik dalam acara menyambut tahun baru Hijriah yang diadakan pemerintah Malaysia pada tahun 2008.

Dilahirkan pada tahun 1932 di kota Rif Damaskus. Lulus di fakultas Syariah Universitas Al-Azhar, Mesir, dengan predikat lulusan terbaik. Selain di Al-Azhar, Syaikh Zuhayli juga mendapatkan gelar License ilnu syariah dan hukum dari Universitas Ain Syams, Kairo.

Gelar master dalam ilmu syariah beliau raih pada tahun 1957 dari Universitas Kairo, dan doktoral diraih pada tahun 1963, dengan predikat summa cumlaude.

Sebagai warga Suriah, Syaikh Zuhayli turut prihatin dengan kondisi Suriah saat ini. Pembunuhan, pengusiran, pengungsian, dialami rakyat Suriah. Dalam wawancara dengan kantor berita Ashrq Al-Awsat, beliau menyatakan akan tetap berada di Suriah, menjalankan tugas keilmuan dan agamanya.

Beliau juga meminta semua ulama di seluruh dunia untuk membantu dan mendukung rakyat Suriah agar segera mendapatkan kemerdekaan yang dicita-citakannya. (msa/dakwatuna)

Sumber: 7n27.com

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization