Topic
Home / Berita / Silaturahim / Pasca Longsor Banjarnegara, RZ Bantu Pembangunan Talud

Pasca Longsor Banjarnegara, RZ Bantu Pembangunan Talud

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
RZ membantu pembangunan benteng untuk warga Kaligrowong usai longsor Banjarnegara.  (Rena/RZ)
RZ membantu pembangunan benteng untuk warga Kaligrowong usai longsor Banjarnegara. (Rena/RZ)

dakwatuna.com – Banjarnegara. Pasca bencana longsor di Banjarnegara akhir tahun 2014 lalu, RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan untuk warga Kaligrowong dalam program pembangunan talud (benteng). Bantuan pembangunan talud ini merupakan bagian dari program recovery untuk korban bencana longsor dan bentuk kepedulian RZ pada warga yang terkena dampak bencana.

Sebanyak 50 warga Kaligrowong dibantu 15 Relawan RZ Banjarnegara memulai pembangunan pengaman jalan. Talud yang dibangun dengan tinggi 4 meter dan panjang 70 meter ini dimaksudkan untuk pengaman pemukiman penduduk dan sekaligus sebagai jalan penghubung dua desa, yaitu Desa Kaliurip dan Desa Pakelen, Kecamatan Madukara supaya tidak terjadi longsor seperti sebelumnya.

Dalam kegiatan ini hadir Perangkat Desa Kaliurip, Kepala Desa Kaliurip dan Relawan Inspirasi RZ Banjarnegara. Kegiatan yang merupakan inisiatif warga Kaligrowong ini mendapatkan bantuan dari RZ awal Juli 2015.

“Selain bantuan dari RZ, pembangunan talud juga dibantu dari swadaya masyarakat setempat. Masyarakat sangat antusias bergotong royong mengumpulkan dana dan membangun talud,” ungkap Bayu Satya, Relawan Inspirasi RZ untuk Banjarnegara, Rabu (29/7).

Selain longsor yang terjadi di tahun 2014, Dusun Kaligrowong juga pernah mengalami longsor di tahun 2013. Longsor pada tahun 2013 pernah memutuskan jalan antara Desa Kaliurip dan Desa Pakelen. “Dusun ini masuk wilayah yang berpotensi mengalami pergerakan tanah, karenanya kedepan Dusun Kali Growong akan kami jadikan Dusun Binaan,” pungkas Bayu. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah

Figure
Organization