Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Beginilah Gambaran Peta Serangan Dunia Maya Secara ‘Realtime’

Beginilah Gambaran Peta Serangan Dunia Maya Secara ‘Realtime’

Cuplikan peta serangan dunia maya yang dibuat oleh Norse Corp. (map.norsecorp.com)
Cuplikan peta serangan dunia maya yang dibuat oleh Norse Corp. (map.norsecorp.com)

dakwatuna.com – Peta serangan di dunia maya (cyber attack) secara ‘realtime’ ini tren di media sosial sejak beberapa hari yang lalu. Laser berwarna-warni menggambarkan serangan yang sedang terjadi di seluruh dunia, membuat peta tersebut memesona. Pada peta juga terlihat adanya sejumlah serangan dunia maya yang kerap dilakukan antara Tiongkok dan Amerika Serikat.

Peta tersebut dibuat oleh Norse, sebuah perusahaan solusi di bidang keamanan informasi. Peta yang menarik tersebut dapat meningkatkan efektivitas dalam mendeteksi serangan malware pada sistem sebelum terjadi.

Vice President Norse bidang Marketing, Jeff Harrell, mengatakan bahwa serangan yang terlihat pada peta sebenarnya merupakan serangan pada infrastruktur Norse. Norse mengklaim memiliki database serangan dunia maya terbesar di dunia dengan 8 juta sensor yang dikerahkan di 47 negara di dunia. Jadi, pada dasarnya Norse membuka diri untuk serangan, mendeteksi IP, melakukan hal tersebut, dan akhirnya melakukan pengamanan ke pengguna, demikian seperti diberitakan situs fossbytes.com, Selasa (14/7/2015).

Jeff Harrell menambahkan, “Hal ini (yang digambarkan di peta, Red) kurang dari 1 persen dari data yang kami terima pada waktu tertentu. Pada dasarnya, browser Anda akan berhenti bekerja jika Norse mencoba untuk menunjukkan segalanya (pada peta tersebut, Red)”.

Itu artinya bahwa apa yang digambarkan dalam peta tersebut hanyalah sebagian kecil dari serangan dunia maya yang sebenarnya sedang terjadi.

Pada peta dapat kita lihat sumber serangan, target serangan, tipe serangan, serta data ‘live’ serangan yang sedang terjadi. Berdasarkan pengamatan redaksi dalam beberapa menit, serangan yang paling banyak terjadi adalah berasal dari Tiongkok, Amerika Serikat, dan militer (AS), dengan target serangan ke Amerika Serikat dan militer (AS). Sedangkan Port yang paling banyak diserang antara lain Port 445, 8080, dan 23. Tiap menit, seluruh variabel tersebut dapat berubah.

Peta serangan dunia maya tersebut dapat dilihat pada situs Norse Attack Map. Sebagai perbandingan, beberapa perusahaan dan institusi lain juga membuat peta sejenis. Beberapa di antaranya yaitu pada situs:

(dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization