Topic
Home / Berita / Nasional / Wahdah Islamiyah: Dibutuhkan Otoritas Untuk Menyatukan Perbedaan Penetapan Hari Raya

Wahdah Islamiyah: Dibutuhkan Otoritas Untuk Menyatukan Perbedaan Penetapan Hari Raya

ilustrasi (galamedianews)
ilustrasi (galamedianews)

dakwatuna.com – Jakarta. Ketua Umum Wahdah Islamiyah Muhammad Zaitun Rasmin mengatakan, Pemerintah Indonesia perlu membuat otoritas mutlak untuk menyatukan perbedaan dalam menetapkan hari Raya. Sebab puasa dan hari Raya merupakan ibadah jama’iyyah yang penetapan dan penentuan waktunya bukan wewenang masing-masing person atau lembaga.

“Karena itu, jalan untuk menuju persatuan, selain diskusi tentang metode, kriteria, termasuk tentang kalender, maka yang tidak kalah pentingnya adalah segera menyepakati suatu otoritas untuk menetapkan persoalan ini,” katanya, dalam siaran pers yang diterima dakwatuna.com, Kamis (16/7).

Menurut pria yang akrab disapa Ustad Zaitun itu, walmemiliki sebuah lembaga otoritas khusus yang dapat diterima oleh oleh seluruh komponen masyarakat Islam. Menurutnya, jika lembaga tersebut mengumumkan penetapan hari Raya maka seluruh masyarakat dapat menerima baik yang menggunakan metode ru’yah maupun hisab.

Oleh karena itu, Ustad Zaitun juga mengusulkan perlunya diskusi dan musyawarah yang intensif untuk membicarakan dan menyepakati persoalan otoritas ini.

“Selama ini masih mendiskusikan metode dan kriteria, saya sangat berharap agar diskusi tentang otoritas penyatuan ini dimunculkan”, harapnya. Kita berharap nanti ada keberanian untuk diskusi dalam masalah badan otoritas ini,” pungkasnya. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization