Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Mantan Menlu Terlama di Dunia Itu Akhirnya Menghadap Penciptanya

Mantan Menlu Terlama di Dunia Itu Akhirnya Menghadap Penciptanya

Mantan Menlu Arab Saudi, Saud Al-Faishal (bbc.co.uk)
Mantan Menlu Arab Saudi, Saud Al-Faishal (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Arab Saudi. Pangeran Saud Al-Faishal dari Arab Saudi, yang menyandang predikat sebagai menteri luar negeri yang paling lama menjabat di dunia, telah meninggal pada usia 75 tahun.

Belum terdapat pernyataan resmi mengenai penyebab kematiannya, namun mendiang sempat menjalani sejumlah operasi bedah dalam beberapa tahun terakhir, sebagaimana diberitakan bbc.co.uk (10/7/2015).

Almarhum menjabat sebagai menteri luar negeri Arab Saudi selama 40 tahun, sebelum pensiun pada April lalu. Selama kurun waktu tersebut, dia dipandang sebagai wajah dan suara publik bagi negara yang memilih melakukan kegiatan diplomasinya secara rahasia.

Ketua Liga Arab, Nabil Al-Arabi, mengatakan dunia telah kehilangan seorang diplomat yang “mulia”. Adapun juru bicara Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Osama Nugali, mengatakan “air mata berlinang dan hati terasa berat.”

Pangeran Saud merupakan putra Raja Faisal. Dia lahir pada 1940 dan merupakan salah satu generasi pertama yang menerima pendidikan tradisional dan Barat. Jurusan ekonomi dipilihnya sewaktu mengenyam pendidikan di Universitas Princeton, Amerika Serikat, pada tahun 1960an.

Pada 1970, dia menjadi wakil gubernur perusahaan sumber daya alam milik pemerintah, Petromin. Tahun berikutnya dia diangkat menjadi wakil menteri perminyakan dan sumber daya mineral. Dia diangkat menjadi Menlu Arab Saudi pada tahun 1975. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization