Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / AS Tambah Jumlah Pelatih Militer di Irak

AS Tambah Jumlah Pelatih Militer di Irak

Obama tambah pelatih militer atas permintaan PM Irak (bbc.co.uk)
Obama tambah pelatih militer atas permintaan PM Irak (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Irak. Amerika Serikat akan mengirim sekitar 450 pelatih militer ke Irak untuk membantu “pelatihan dan memberikan nasihat” kepada pasukan setempat saat berperang dengan kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS, kata Gedung Putih.

Sebagaimana dilansir BBC (11/6/2015), Presiden Barack Obama memutuskan hal ini setelah diminta Perdana Menteri Irak Haidar Al-Abadi. Pasukan akan ditempatkan di markas militer Taqaddum di Provinsi Anbar.

Sebelumnya, ISIS menguasai Ramadi, ibukota Anbar, pada bulan Mei 2015. Kelompok milisi ini bergerak maju di daerah tersebut meskipun koalisi pimpinan AS melakukan serangan udara.

Langkah AS ini bertujuan menjadikan lebih banyak warga Irak, sebagian besar sukarelawan suku Sunni, bergabung ke dalam militer Irak dan memerangi ISIS.

“Para penasehat baru akan bekerja untuk meningkatkan kemampuan pasukan Irak, termasuk pejuang suku setempat, guna memperbaiki kecakapan mereka dalam merencanakan, memimpin dan melakukan operasi terhadap ISIS di Anbar,” tambah Gedung Putih.

ISIS menguasai kota kedua Irak, Mosul, setahun lalu. ISIS juga merampas kota Tadmur, Suriah dan reruntuhan kuno di dekatnya, Palmyra. Penempatan penasehat militer ke Taqaddum akan menjadikan jumlah kamp pelatihan AS di Irak menjadi lima buah. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Rawan Imigran, Trump Kirim Ribuan Tentara ke Perbatasan

Figure
Organization