Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Ukraina Khawatir Rusia Tempatkan Senjata Nuklir di Semenanjung Islam Krimea

Ukraina Khawatir Rusia Tempatkan Senjata Nuklir di Semenanjung Islam Krimea

Persenjataan Rusia. (Ukraine Press)
Persenjataan Rusia. (Ukraine Press)

dakwatuna.com – Kiev. Departemen luar negeri Ukraina mengungkapkan kekhawatirannya terkait kemungkinan Rusia menempatkan senjata nuklirnya di Semenanjung Krimea yang bru dicaploknya. Seperti diberitakan Ukarina Press, Selasa (2/5/2015) kemarin.

Rusia secara resmi mencaplok semenanjung, yang mempunyai sejarah umat Islam ini, ke dalam wilayahnya pada bulan Maret 2014 yang silam. Pencaplokan melalui referendum mendapat kritikan keras dari masyarakat dunia.

Sebelumnya, Mikhail Ulyanov, direktur bagian larangan senjata nuklir dalam departemen luar negeri Rusia, menyatakan, “Kami berhak untuk menggelar senjatan nuklir di seluruh wilayah teritorial kami, jika diperlukan. Termasuk di dalamnya Semenanjung Krimea.”

Pernyataan itu dikeluarkannya menanggapi perkataan menteri luar negeri Ukraina, Pavlo Klimkin, dalam pertemuan NATO di Turki Mei yang lalu. Saat itu Klimkin mengatakan, “Langkah apapun, bahkan tanda, yang dilakukan oleh Rusia terkait kemungkinan menempatkan senjata nuklir di Semenanjung Krimea adalah pelanggaran nyata terhadap hukum internasional. Masyarakat dunia harus bergerak untuk menentangnya.” (msa/dakwatuna)

Sumber: Ukraine Press

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization