Topic
Home / Berita / Nasional / Hari Tanpa Tembakau, RZ Ajak Masyarakat Tukar Rokok dengan Buah

Hari Tanpa Tembakau, RZ Ajak Masyarakat Tukar Rokok dengan Buah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Kampanye Tolak Rokok anak binaan RZ bersama masyarakat saat car free day.  (Rena/rz)
Kampanye Tolak Rokok anak binaan RZ bersama masyarakat saat car free day. (Rena/rz)

dakwatuna.com – Bandung. Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, sebanyak 300 Anak Juara binaan RZ (Rumah Zakat) mengajak masyarakat untuk menukar rokok dengan buah saat Car Free Day. Acara tersebut diselenggarakan di 8 kota, yakni Bandung, Aceh, Medan, Pontianak, Semarang, Kediri, Tangerang dan Balikpapan.

 

Dalam kegiatan ini, mereka melakukan longmarch, orasi tentang bahaya rokok, mengajak pengunjung untuk menandatangani petisi Tolak Rokok serta mengajak pengunjung menukar rokok dengan buah atau jus. Selain itu, RZ bekerjasama dengan Cita Sehat Foundation juga menyelenggarakan layanan cek kesehatan gratis untuk pengunjung Car Free Day. Disini pengunjung bisa cek gula dan tensi darah, serta konsultasi mengenai cara berhenti merokok.

 

“Saat ini Indonesia menduduki peringkat kelima di dunia sebagai negara dengan jumlah perokok tertinggi yaitu sebanyak 60 juta perokok aktif dan 97 juta perokok pasif. Dan yang menjadi sangat miris adalah sekitar 4 juta perokok aktif merupakan anak-anak dengan usia 10-14 tahun. Karena itulah kita libatkan anak-anak dalam World No Tobbaco Day ini. Selain untuk mengkampanyekan bahaya rokok bagi kesehatan anak-anak, juga sekaligus memberikan pemahaman kepada anak-anak itu sendiri tentang bahaya rokok sejak dini,” jelas Heny Widiastuti, Chief Program Officer RZ, Senin (01/06).

 

Aksi World No Tobacco Day yang diselenggarakan RZ berlangsung meriah, karena tak hanya melibatkan anak-anak Juara, RZ juga bekerjasama dengan komunitas lokal yang peduli akan bahaya rokok, seperti Cita Sehat Foundation, Komunitas Bandung Bebas Asap Rokok, Komunitas Bebas Asap Rokok Surabaya, OIC (Organization of The Islamic Conference), dan beberapa komunitas lainnya.

 

“Alhamdulillah, kami melihat pengungjung CFD menyambut baik kegiatan ini. Mereka nampak senang dan tidak keberatan saat Anak Juara meminta mereka menukar rokoknya dengan buah. Bahkan banyak dari pengunjung yang akhirnya berdonasi untuk Rohingya setelah menukar rokoknya,” ungkap Adhe Andika, Pendamping Anak Juara Bandung. (rena/rz/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Lihat Juga

Meneguhkan Pesantren Tanpa Rokok

Figure
Organization