Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / 5 Kali Pangripta Nusantara Jawa Barat Itu…

5 Kali Pangripta Nusantara Jawa Barat Itu…

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Aki Awan)
Ilustrasi. (Aki Awan)

dakwatuna.com – Dua hari lalu, kang Aher membuka acara pemantapan program kerja Provinsi Jawa Barat tahun 2016 di Subang, dan bicara tentang perencanaan ini..

“Kita selalu ingat bahwa, kesadaran tertinggi kita adalah perencanaan. Tidak akan pernah ada kesusksesan pelaksanaan program, tanpa perencanaan yang baik, meski perancanaan yang baik pun tidak menjamin pelaksanaannya bisa baik, tetapi pelaksanaan yang baik tidak mungkin tanpa perencanaan yang baik”

“Hari ini kita berkumpul dalam rangka ikhtiar mewujudkan kesadaran tertinggi yaitu perencanaan itu, dan menghadirkan perencanaan terbaik untuk pelaksanaan pembangunan yang terbaik pula”

“Bulan – bulan pertama tahun anggaran selalu sibuk dengan persiapan pelaksanaan tahun anggaran berjalan, juga sibuk dengan proses evaluasi dan pelaporan tahun sebelumnya, juga mempersiapkan anggaran tahun depan, dan mempersiapkan anggaran perubahan tahun berjalan”

“Tetapi dengan manajemen waktu yang baik, dan tata kelola pemerintahan yang baik insya Allah tidak ada persoalan yang berat, kita kerjakan secara sistematis, sehingga semua bisa terlaksana dengan baik”

“Di sisi lain kita juga harus mendorong kota kabupaten untuk membuat perencanaan yang baik pula, karena kita tidak bisa menyebut diri provinsi yang baik, jika kita tidak bisa membawa serta kabupaten kota yang ada di Jawa Barat ini”

Begitu pesan pembuka kang Aher kepada jajaran pimpinan dinas di provinsi Jawa Barat, sebelum kemudian kang Aher menambahkan arahan arahan lain dari yang bersifat umum sampai ke yang bersifat detil.

Arahan-arahan perencanaan untuk berbagai bidang pembangunan meluncur deras dari lisan beliau, mulai dari bidang pembangunan sumber daya manusia, moral, sampai pada detil detil khusus dalam bidang pembangunan fisik.

Tanggal 29 Maret 2015, mendengar kabar bahwa pemerintah pusat menganugerahkan “Pangripta Nusantara” kepada Jawa Barat untuk kelima kalinya. Hal ini menjadi pembuktian tentang, sama sekali bukan retorika belaka apa yang kang Aher paparkan dua hari sebelumnya itu.

Anugerah Pangripta Nusantara adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Penilaian mengenai perencanaan pembangunan tersebut dilakukan Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Salah satu kriteria penilaian Anugrah Pangripta Nusantara tadi adalah tingkat realistis perencanaannya. Rupanya tidak sekedar wah, tidak sekedar keren, harus realistis.

Semoga selanjutnya Jawa Barat diberikan anugerah kemudahan dalam melaksanakan semua perencanaan baiknya, PON, proyek Infrastruktur, Citarum bestari, program Pendidikan, dst..

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

20 Tahun Berkiprah, Kepala Daerah dari PKS Gelar Konsolidasi Nasional

Figure
Organization