Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Tangkap Warga Serbia Buronan Bosnia Herzegovina

Turki Tangkap Warga Serbia Buronan Bosnia Herzegovina

Dusko Dabetic, warga Serbia yang diburu Bosnia (aa.com.tr)
Dusko Dabetic, warga Serbia yang diburu Bosnia (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Turki. Aparat keamanan Turki dikabarkan telah menangkap Dusko Dabetic, warga Bosnia keturunan Serbia, atas tuduhan terlibat kejahatan perang di Bosnia.

Sebagaimana diberitakan kantor berita Anadolu (26/3/2015), Dabetic ditangkap ketika menikmati masa liburannya di kota Antalia, selatan Turki, setelah Bosnia Herzegovina memasukkan namanya dalam daftar yang harus diburu interpol.

Kepolisian Turki bergerak cepat setelah mendapatkan laporan keberadaan Dabetic di salah satu kota di negara itu, dan berhasil melacak keberadaan tertuduh di salah satu hotel di Antalia.

Disebutkan, Dusko Dabetic tertuduh telah membunuh warga tidak berdosa selama agresi yang dilancarkan Serbia ke Bosnia pada tahun 1992-1995.

Berdasarkan laporan Palang Merah Internasional sebanyak 312 ribu warga sipil (200 ribu warga Bosnia) tewas akibat perang itu.

Beberapa petinggi Serbia diseret ke pengadilan pidana internasional atas tuduhan kejahatan perang, di antaranya Radovan Karadzic (pemimpin partai berkuasa Serbia), Ratko Mladic (panglima militer), Ljubisa Pera (kepala staf militer), dan sejumlah besar pejabat militer Serbia lainnya ketika itu. (anadolu/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization