Topic
Home / Berita / Daerah / Walikota Payakumbuh Umrahkan 4 Pelajar Penghafal Alquran

Walikota Payakumbuh Umrahkan 4 Pelajar Penghafal Alquran

Walikota Riza Falepi bersama Kadisdik Hasan Basri Sy lepas 4 siswa Hafiz Quran yang akan bertolak ke Mekkah untuk menunauikan ibadah Umrah. (Rifki Payobadar)
Walikota Riza Falepi bersama Kadisdik Hasan Basri Sy lepas 4 siswa Hafiz Quran yang akan bertolak ke Mekkah untuk menunauikan ibadah Umrah. (Rifki Payobadar)

dakwatuna.com – Payakumbuh.  Walikota Payakumbuh Riza Falepi tepati janjinya untuk berangkatkan pelajar yang hafal Alquran menuju Tanah Suci Mekkah, menunaikan ibadah Umrah.

Tahun anggaran ini, melalui DPA Dinas Pendidikan Payakumbuh, baru 4 siswa SMA yang diberi reward Umrah. Ke depan, pemko juga merancang kemungkinan pelajar SD dan SMP/MTs yang hafal Alqur’an untuk menikmati reward yang sama.

Keempat siswa dari tiga SMA yang beroleh Umrah itu, bertolak ke Mekkah, Senin (9/3) pagi, dari Bandara Internasional Minangkabau Padang via Bandara Sukarno-Hatta Jakarta. Mereka adalah Muhammad Amirul Amin dan M. Rijalul Haq, keduanya dari SMA IT Insan Cendikia untuk bagian putera. Kemudian, Hadiatul Fitria dari SMA Mukhtar Islamic School dan Brilianti Fika Dewi dari SMA Islam Raudhatul Jannah, di bagian puteri.

Sebelumnya, keempat siswa tersebut dilepas Walikota Riza Falepi bersama Kadisdik H. Hasan Basri SY, S.Pd, dan sejumlah pimpinan SKPD, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at (6/3).

Dalam acara ini ikut hadir kepsek Zulherman Syafril, Spd.I, (SMA IT), Muhammad Ayub, S.Pd, (SMA Muchtar Islamic School) dan Ersis Warman, SHI (SMA RJ) bersama guru dan Kabid Pendidikan Formal dan Nonformal Desmon Karina, S.IP.

Kadisdik Hasan Basri melaporkan, penetapan keempat pelajar merebut tiket Umrah itu, dilakukan melalui seleksi yang diikuti seratus lebih siswa dari seluruh SLTA di kota ini, Desember 2014. Pihaknya, menetapkan pemenang I/II/III untuk kelompok putera dan puteri.

Yang beroleh tiket Umrah, ungkap Hasan, hanya pemenang pertama dan runner up. Sedangkan, pemenang ketiga beroleh hadiah berupa laptop. Dua siswa yang mendapat laptop adalah Aulia Rahman dan Hafizah Andini, keduanya juga dari SMA IT Insan Cendikia. Para pemenang, dikatakan, baru mampu 10 juz Alqur’an. “Seleksi tahun depan, kita akan tingkatkan kemampuan para siswa, hingga akhirnya nanti mampu menghafal Alur’an 30 juz.

Program menghafal Alqur’an itu, di Payakumbuh dilakukan sejak 2012 lalu. Sebelum jam pelajaran dimulai, setiap pelajar, mulai dari TK, SD/SLTP dan SLTA harus mampu melafaskan ayat Alqur’an, tanpa membaca kitab suci Alqur’an. Kegiatan menghafal Alqur’an itu merupakan bagian dari program pendidikan berakhlak mulia atau pendidikan berkarakter di kota ini. “Ini merupakan visi pendidikan, selain peningkatan mutu akademis,” tegas Hasan. (Rifki Payobadar/sbb/dakwatuna)

 

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Cara Cepat Menghafal Alquran

Figure
Organization