Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Kelabui Orang Tua, Seorang Remaja Korsel Bergabung dengan ISIS

Kelabui Orang Tua, Seorang Remaja Korsel Bergabung dengan ISIS

Bendera Korea Selatan (okezone.com)
Bendera Korea Selatan (okezone.com)

dakwatuna.com – Korea Selatan. Seorang remaja Korea Selatan, yang pada bulan lalu dilaporkan hilang pada Januari 2015, ternyata bergabung dan berlatih dengan kelompok militan ISIS di Suriah, ungkap Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS), Selasa (24/2/2015).

Sebagaimana dilansir dari AFP, Rabu (25/2/2015), NIS melaporkan kepada parlemen bahwa remaja tersebut berlatih di markas rahasia ISIS, kata kantor berita Korsel Yonhap, mengutip pernyataan anggota parlemen, yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Remaja putus sekolah berumur 18 tahun dan diketahui bermarga Kim itu dilaporkan hilang di Turki pada 10 Januari 2015 lalu. Pada saat itu, dia diperkirakan menyeberang ke Suriah dan bergabung dengan kelompok garis keras.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV dari kepolisian Turki, setelah keluar dari hotel di kota Kilis, wilayah selatan dekat perbatasan Suriah, Kim menumpang taksi tidak resmi bersama seorang laki-laki tidak dikenal di dekat hotel tersebut.

Mereka kemudian tiba di dekat lokasi pengungsian di Besiriye, 18 kilometer sebelah tenggara Kilis, kata pihak kementerian. Kim tercatat mengunggah serangkaian pesan di akun Twitter-nya pada Oktober 2014, meminta bantuan mendekati ISIS.

Sebelum berangkat ke Turki bersama keluarga temannya, Kim mengelabui orang tua dengan meminta izin untuk bertemu dengan teman yang telah dihubunginya melalui jaringan media sosial. Atas kejadian ini, Kim tercatat sebagai warga Korea Selatan pertama yang ikut bertempur bersama kelompok ISIS. (okezone/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Semusim Cinta, Ajang Menambah Ilmu dan Silaturahim Akbar WNI Muslimah Se-Korea Selatan

Figure
Organization