Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Syaikh Al-Qaradhawi Kecam Perlakuan ISIS Terhadap Tawanan Perang

Syaikh Al-Qaradhawi Kecam Perlakuan ISIS Terhadap Tawanan Perang

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi (pip)
Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi (pip)

dakwatuna.com – Doha. Ketua persatuan ulama Muslim sedunia (IUMS), Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi, mengecam perlakuan ISIS terhadap para tawanan perang. Karena tawanan perang adalah termasuk golongan lemah yang harus dikasihani dan diperlakukan secara manusiawi.

Dalam keterangan yang dirilis situs resmi IUMS, Rabu (4/2/2015) kemarin, “Islam memasukkan tawanan perang dalam golongan orang lemah yang harus dikasihani, diperlakukan dengan baik, sama seperti orang miskin dan anak yatim. Mereka harus diperlakukan secara manusiawi, dilindungi hak-haknya, dan dipelihara sisi kemanusiaannya.”

Menanggapi cara esksekusi mati pilot Yordania yang dijatuhkan ISIS, Muath Al-Kaseasbeh, Syaikh Al-Qaradhawi mengatakan, “Adapun yang kita lihat sekarang, ISIS kadang menyembelih tawanan, atau membakarnya, ini bertentangan dengan ajaran Islam dalam cara membunuh. Rasulullah saw. Bersabda, “Jika kalian membunuh (qishash), maka lakukanlah dengan cara yang baik.” [HR. Muslim]. Apalagi Rasulullah juga bersabda dalam hadits riwayat Ahmad, “Hanya Tuhan Pemilik api yang boleh menyiksa dengan api.”

Terakhir, beliau mengingatkan bahwa sikap seperti ini adalah disebabkan sempitnya pengetahuan dan kesalahan dalam mendidik. Fanatisme mereka itu tidak benar. Apa yang mereka lakukan bahkan kadang bukan disebabkan motivasi agama, walaupun mereka mengenakan pakaian agamis. Sering disebabkan masalah sosial, ekonomi dan juga politik.” (msa/dakwatuna)

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Koalisi AS Gempur Benteng Terakhir ISIS di Suriah

Figure
Organization