Home / Berita / Internasional / Eropa / Jerman Temukan Mushaf Al-Quran yang Ditulis di Zaman Sahabat

Jerman Temukan Mushaf Al-Quran yang Ditulis di Zaman Sahabat

Ilustrasi (alquds)
Ilustrasi (alquds)

dakwatuna.com – Berlin. Pihak Universitas Tübingen, Jerman, Senin (10/11/2014) kemarin, menyatakan bahwa para penelitinya telah menemukan sebuah mushaf kuno. Setelah diteliti, ternyata mushaf ini lebih tua dari perkiraan saat pertama ditemukan.

Karena ditulis pada abad ke-7 Masehi, seperti diterangkan pihak universitas, berarti mushaf ini ditulis pada masa sahabat Nabi di awal sejarah Islam. Para peneliti juga menerangkan bahwa penulisan mushaf ini diperkirakan ditulis pada 20-40 tahun setelah wafat Rasulullah SAW.

Saat ini, sampel dari kertas mushaf ini dijadikan bahan penelitian internasional tentang sejarah penulisan Al-Quran. Adapun tentang perkiraan umur manuskrip yang sangat kuno ini, juru bicara universitas menyatakan telah menggunakan karakteristik manuskrip dan juga dengan penelitian fisika.

Mushaf yang baru diketahui umurnya ini ditulis dengan menggunakan model tulisan Al-Kufi, yang menurut para peneliti, merupakan model tulisan Arab tertua yang diketahui saat ini. (msa/dakwatua/alquds)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (113 votes, average: 8,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Indro Gunarto

    Subhanallah… Kalo mmang benar prkiraan pnulisan mushaf yg ditemukan itu antara 20-40 thn stlah wafatnya Rasul SAW (632M), brarti mushaf itu ditulis pd masa kekhalifahan Utsman bin Affan (644-656M) dan Ali bin Abi Thalib (656-661M). Pd kkhalifahan Utsman, mushaf-2 yg ada mulai ditertibkan hingga trwujudlah satu macam mushaf al-Qur’an dengan nukilan yg mutawatir (tdk ada prbedaan/prselisihan sedikitpun). Mushaf inilah yang sampai kepada kita hingga hr ini dengan kesucian yang sllu trjaga… Smoga pnelitian atas mushaf ini kelak jg akn smakin membuktikan bhwa al-Quran ttap terjaga atas pemeliharaan Allah Swt dan menjadi mukjizat yg sllu hadir di kehidupan kita hingga akhir jaman nanti. Aamiin….

Lihat Juga

Pelaporan Paham Menyimpang Dicky Zainal Arifin di Hikmatul Iman ke MUI Jawa Barat

Paham Dicky Zainal Arifin di Hikmatul Iman Dilaporkan ke MUI Jawa Barat

Organization