Home / Pemuda / Pengetahuan / Eksistensi Si Hitam Habbatus Sauda’

Eksistensi Si Hitam Habbatus Sauda’

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi - Habbatus Sauda’ (galeri.haberturk.com)
Ilustrasi – Habbatus Sauda’ (galeri.haberturk.com)

dakwatuna.com Sebagai tanaman yang khasiatnya disebutkan Rasulullah dalam haditsnya, si hitam menjadi tanaman yang dicari-cari oleh kaum muslim seluruh dunia. Mulai dari penyakit ringan hingga keras dapat ditangani oleh si hitam ini. Khasiatnya tidak hanya disebutkan dalam hadits, tetapi juga sudah dibuktikan oleh ilmuwan diberbagai dunia.

Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) atau yang akrab di telinga kita si hitam ini merupakan tanaman yang hanya tumbuh di kawasan Afrika Utara, Saudi Arabia dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Tanaman dengan nama latin Nigella Sativa ini terkenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit, seperti batuk kering dan asma serta meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian mengonsumsi Habbatus Sauda’ karena di dalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Nabi SAW mengabarkan bahwa Habbatus Sauda berkhasiat menyembuhkan setiap penyakit. Kabar yang disampaikan Rasulullah ternyata benar. Saat ini, banyak profesor dalam bidang kedokteran beramai-ramai meneliti khasiat tanaman ini, terutama bagian biji dan minyaknya.

Baik ekstrak maupun minyak dari si hitam ini memiliki keefektifan masing-masing dalam menyembuhkan atau sekadar meredakan suatu penyakit tergantung pemanfaatannya. Si hitam ini sudah populer khasiatnya di kalangan masyarakat Eropa, Amerika dan sejumlah negara Asia. Sayangnya, kegunaan Habatus Sauda’ ini kurang populer di telinga muslimin Indonesia. Kepopuleran yang sangat nyata dengan dilakukan beberapa riset ilmiah untuk mengungkap kebenaran hadits tersebut (di antaranya oleh Profesor El Dakhany dari Microbiologi Research Center, Arabia, Dr Michael Tierra L.A.C.O MD, Pharmachology Research Department Laboratory, Departement Pharmachy King College London dll).

Habbatus sauda’ (Nigella Sativa) – dalam hal ini bijinya – mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K. Kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY).

  1. Minyak takasiri
    Minyak takasiri ini bisa kita dapatkan dengan cara memeras buah kelapa dan biasanya digunakan untuk makanan seperti margarin dan sabun.
  2. Minyak atsiri
    Minyak atsiri (esential oil) tersusun dari berbagai senyawa kimiawi seperti Karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O) serta beberapa senyawa kimia unsur Nitrogen dan Belerang. Selain itu minyak ini memiliki kegunaan yang banyak dalam bidang medis seperti antinyeri, antiinfeksi dan digunakan sebagai insektisida. Sifat-sifat dari minyak atsiri antara lain dapat didestilasi,tidak meninggalkan noda, tidak tersabunkan, tidak tengik dan tidak mengandung asam. Minyak atsiri ini dapat kita temukan dalam tanaman kumis kucing, merica dan jeruk.
  3. Asam amino
    Asam amino adalah senyawa organik yang mengandung gugus amino () , sebuah gugus asam karboksilat (COOH), dan salah satu gugus lainnya, terutama dari kelompok 20 senyawa yang memiliki rumus dasar NH2CHRCOOH, dan dihubungkan bersama oleh ikatan peptida untuk membentuk protein. Asam amino ini disebut juga sel pembentuk kehidupan. Selain itu, senyawa ini berperan penting dalam tubuh sebagai struktur, pengirim pesan, enzim dan hormon.
  4. Protein
    Protein merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh manusia. Sebagai sumber energi, protein ialah makromolekul organik kompels yang terkandung di antaranya nitrogen, oksigen, hidrogen, karbon, fosfor dan sulfur serta beberapa rantai asam amino. Protein berfungsi sebagai zat pendorong dan pembangun metabolisme dalam tubuh. Protein bisa didapatkan dari hewan maupun tumbuhan seperti dalam habbatusauda ini.
  5. Kalsium
    Kalsium atau yang sering kita jumpai Ca dalam tabel periodik unsur ini merupakan mineral yang berfungsi menguatkan tulang pada tubuh manusia. Mengonsumsi kalsium ini sama saja dengan mencegah penyakit osteoporosis (pengerapuhan tulang). Mineral ini dapat kita jumpai di dalam tumbuhan seperti brokoli, kol dan bayam. Selain itu, sarden dan salmon juga dilansir mengandung mineral ini.
  6. Zat Besi
    Zat Besi merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Termasuk untuk melaksanakan fungsi dasar tubuh. Zat besi ini ternyata juga menyehatkan kulit dan kuku.
  7. Natrium
    Natrium merupakan nutrisi penting untuk mempertahankan mempertahankan volume darah, mengatur keseimbangan air dalam sel, dan menjaga fungsi saraf.
  8. Kalium
    Kalium merupakan unsur hara esensial yang digunakan hampir pada semua proses untuk menunjang hidup tanaman. Petani sering menyebut bahwa kalium adalah unsur hara mutu, karena berpengaruh pada ukuran, rasa, bentuk, warna dan daya simpan. Kalium (K) merupakan unsur hara utama ketiga setelah N dan P. Kalium mempunyai valensi satu dan diserap dalam bentuk ion K+. Kalium tergolong unsur yang mobil dalam tanaman baik dalam sel, dalam jaringan tanaman, maupun dalam xylem dan floem. Kalium banyak terdapat dalam sitoplasma.

Kandungan yang terdapat di dalamnya tersebut memungkinkan si hitam ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit sesuai dengan yang diterangkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits.

Kebenaran riset yang telah dilakukan para peneliti tentang kandungan yang terdapat pada Habatus Sauda’ dan khasiatnya ini kembali kepada keyakinan kita dan izin dari Allah SWT. Sebab, hanya Dia-lah maha pemberi kesembuhan. Apabila Allah SWT sudah berkehendak untuk memberikan kesembuhan akan suatu penyakit yang diderita oleh hambanya, insya Allah penyakit tersebut akan hilang.

Referensi:

  • Keajaiban Thibbun Nabawi, Aiman bin ‘Abdul Fattah
  • Metode Pengobatan Nabi SAW, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
  • http://abuayaz.blogspot.com/2012/03/manfaat-habbatussauda.html#ixzz3DlqqqPnZ
  • Buku; Hidup Sehat dengan Habbatus Sauda’,karya; Shubhi Sulaiman, Penerbit; Al Qowam
  • http://majalahkesehatan.com/7-manfaat-habbatussauda-jintan-hitam/,
  • http://kamuskesehatan.com/arti/natrium/
  • http://ayokesehatan.blogspot.com/2014/01/pengertian-protein-fungsi-protein-dan-sumber-protein.html

About these ads

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Fajar Winarso
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Masih aktif sebagai salah satu reporter di majalah kampus GEMA. Seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk menulis dan selalu bersyukur terhadap segala nikmat.

Lihat Juga

Jilbab Hitam Berpena Tajam