Home / Berita / Nasional / Sebanyak 59.941 Relawan RZ Tersebar di Seluruh Indonesia

Sebanyak 59.941 Relawan RZ Tersebar di Seluruh Indonesia

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Salah satu kegiatan Relawan RZ saat Recovery Gunung Kelud.  (bigsmile/rz)
Salah satu kegiatan Relawan RZ saat Recovery Gunung Kelud. (bigsmile/rz)

dakwatuna.com – Bandung. Relawan merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari RZ (Rumah Zakat), sebab melalui peran para relawan inilah program-program RZ dieksekusi.

Hingga Oktober 2014, Relawan Inspirasi RZ berjumlah 57.549 orang, sedangkan Relawan KRN (Komite Relawan Nusantara) berjumlah 1.571 orang dengan calon Relawan KRN berjumlah 821 orang. Ke 59.941 relawan ini tersebar di 37 kota/kabupaten se-Indonesia.

Relawan Inspirasi fokus menjalankan empat program Senyum di wilayah pelosok, tertinggal, rawan gizi, dan rawan akidah untuk dijadikan wilayah baru binaan RZ. Sedangkan Relawan KRN berperan sebagai relawan yang tergabung dalam tim siaga bencana, pemerhati lingkungan, pemberdayaan dan kesehatan.

“Agar RZ dapat merambah berbagai sisi problematika masyarakat, maka kami bedakan kelompok relawan yang akan terjun ke masyarakat. Hal ini dilakukan agar pola pembinaan, pendekatan dan peningkatan kompetensi relawan dapat fokus sesuai kelompok problematika masyarakat yang akan ditangani,” tutur Herlan Wilandarian Syah, Koordinator Relawan KRN, Jumat (07/11).

Relawan Inspirasi mendapatkan bekal untuk berkecimpung di masyarakat selama 5 – 10 hari sebelum berbaur dengan masyarakat. Karena Relawan Inspirasi berbaur langsung dengan masyarakat selama 1 tahun, maka para relawan ini diberi bekal kecakapan hidup bermasyarakat.

Seluruh Relawan KRN ditempa untuk menjadi pribadi yang cerdas, kuat dan tangguh di Kampus Relawan. Di Kampus Relawan ini, seluruh relawan mendapat materi seputar kerelawanan, siaga bencana, jurnalistik, fotografi, social media dan beberapa bidang lain yang menunjang kerja relawan di lapangan. Dalam menjalankan tugasnya di tahun 2014, sebanyak 73.766 orang menerima manfaat dari penyaluran Siaga Bencana yang dilakukan Relawan KRN.

“Insya Allah relawan kami siap membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat, kapanpun dan di manapun. Sinergi yang kuat dari masyarakat memperkokoh kami mencapai komitmen tersebut,” ujar Herlan. (Asih/rz/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Lihat Juga

Islam di Indonesia, Jangan Ibarat Air Susu Dibalas Air Tuba