Home / Berita / Internasional / Afrika / Presiden Sudan: Ada Israel Di Balik Kesepakatan dengan Milisi di Darfur

Presiden Sudan: Ada Israel Di Balik Kesepakatan dengan Milisi di Darfur

Umar Basyir, Presiden Sudan (asianewslb.com)
Umar Basyir, Presiden Sudan (asianewslb.com)

dakwatuna.com – Khourtum. Presiden Sudan, Umar Al-Basyir menyebut adanya campurtangan Israel berada dibalik kesepakatan yang ditandatangani As-Shadiq Al-Mahdi, ketua partai Umat Nasional-partai oposisi terbesar di Sudan-dengan kelompok bersenjata pada bulan Agustus lalu.

Hal ini disampaikan oleh Basyir dalam acara pertemuan dengan partai-partai Oposisi yang ia undang dalam sebuah acara dialog nasional. Presiden Sudan ini mengatakan, “Kami memiliki informasi valid yang menunjukkan bahwa Israel berada di balik kesepakatan Paris yang ditandatangani Al-Mahdi dengan Front Revolusi.”

Front Revolusi merupakan aliansi yang terdiri dari empat kelompok bersenjata yang memerangi pemerintah di 8 propinsi dari 18 propinsi yang ada di Sudan. 5 diantaranya berada di wilayah Darfur.

Menurut Basyir, kesepakatan Paris merupakan bukti dari langkah upaya menguasai kota Al-Fasyir, kota terbesar di wilayah Darfur, untuk kemudian dideklarasikan sebagai ibukota negara bersamaan dengan pembentukan pemerintahan Transisi yang dipimpin Al-Mahdi.

“Kesepakatan Paris sudah tidak bisa ditolerir, karena itu merupakan bentuk perampasan kekuasaan dengan cara kekerasan,” jelas Basyir. (msy/itd/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Syarief
Alumni Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Lihat Juga

Pasukan Oposisi Suriah. (dostor.org)

Tinggal Sedikit Lagi Oposisi Suriah Bebaskan Aleppo

Organization