Home / Berita / Internasional / Amerika / Pejabat Tinggi AS: Saleh dan Syiah Hutsi Bertanggung Jawab atas Kekerasan di Yaman

Pejabat Tinggi AS: Saleh dan Syiah Hutsi Bertanggung Jawab atas Kekerasan di Yaman

Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh (yemensaeed.com)
Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh (yemensaeed.com)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. DK PBB dijadwalkan membahas rancangan resolusi yang diajukan oleh AS yang berisi hukuman pidana terhadap mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, dan dua orang pemimpin Jamaah Syiah-Hutsi atas tuduhan mengancam keamanan dan stabilitas serta menghalangi proses politik Yaman, sebagaimana diberitakan Islam Memo (4/11/2014).

Sumber Departemen Luar Negeri AS dalam wawancara dengan kantor berita MENA menyebutkan bahwa pihaknya memiliki informasi dan bukti-bukti yang kuat keterlibatan Saleh dan Jamaah Hutsi dalam menghalangi tercapainya kesepakatan transisi demokrasi secara damai di Yaman.

Di antara usulan hukuman yang diajukan AS adalah larangan/pencekalan ke luar negeri, pembekuan asset dan kekayaan Saleh serta dua pemimpin Hutsi yang bernama Abdul Khalik Al-Hutsi dan Abdullah Yahya Al-Hakim.

Dalam hal ini, dua nama terakhir tersebut merupakan petinggi Jamaah Hutsi radikal yang menguasai sebagai daerah di sebelah utara Yaman, hasil kesepakatan dengan Ali Abdullah Saleh dalam kapasitasnya sebagai Presiden Yaman ketika itu. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu (aa.com.tr)

Turki Secara Resmi Minta AS Tangkap Fethullah Gulen