Home / Berita / Internasional / Amerika / Pemilu Senat AS, Republik Ambil Peluang Serang Obama

Pemilu Senat AS, Republik Ambil Peluang Serang Obama

Parlemen AS yang terdiri dari Senat dan House of Representative (aljazeera.net)
Parlemen AS yang terdiri dari Senat dan House of Representative (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Partai Republik AS dan para pendukungnya memanfaatkan momentum pemilihan sepertiga anggota Senat AS (36 dari 100 kursi untuk masa bakti 6 tahun) untuk menyerang kepemimpinan Presiden Obama, sebagaimana diberitakan Aljazeera (4/11/2014).

Kekuatan oposisi terhadap Partai Demokrat menuding Obama bertanggung jawab terhadap serangkaian kesalahan dan kelemahan kebijakan pemerintahannya seperti persoalan pajak, penanganan wabah Ebola, kebijakan AS dalam menangani konflik Suriah. Selain itu, Partai Republik juga menyoroti langkah reformasi pelayanan kesehatan yang dituding telah menghabiskan biaya yang tinggi.

Dalam hal ini, sejak Pemilu 2010, Kongres (Parlemen) AS terbelah antara House of Representative (lembaga perwakilan) yang dikuasai oleh Partai Republik dan Senat yang dikuasai oleh Partai Demokrat (pendukung Obama).

Meskipun demikian, sejumlah pengamat menyatakan bahwa dengan sistem pergantian hanya 36 dari 100 total kursi Senat, tidak akan menjadikan partai pemenangn nantinya menguasai 60 kursi sebagai syarat untuk menghadapi apapun kritikan/rintangan dari kelompok oposisi di Senat.

Pengamat juga mengkritik isu-isu yang diusung oleh kekuatan politik peserta pemilu tersebut yang dinilai jauh dari harapan rakyat AS. (aljazeera/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Latihan perang AS dan Korsel (islammemo.cc)

Korut Tuding Latihan Militer AS-Korsel Sebagai Provokasi Perang