Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Solusi Renovasi Rumah dengan Desain Sesuai Syariah?

Bagaimana Solusi Renovasi Rumah dengan Desain Sesuai Syariah?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

ATUN FASAD - VIEW 11dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alakum wrwb

Pak Andan di dakwatuna.com, saya memiliki rumah 2 lantai. Rencananya akan kami renovasi sesuai dengan ajaran Islam. Karena kami keluarga besar yang sering berkumpul dan kami juga perlu kamar pemisah antara anak laki – laki dan anak perempuan.

Tampak muka rumah kami ingin ubah agar tampil lebih cantik lagi. Lalu kami ingin tambahan kamar satu lagi di atas dan kami memiliki keterbatasan area jemuran. Mohon solusinya dari Pak Andan.

Alangkah lebih baiknya lagi jika Pak Andan bisa datang ke rumah kami untuk melihat kondisi nya secara langsung. Demikian pertanyaan kami .

Wassalaamu’alaikum wrwb

Agustyatun – Pondok Kelapa – Jakarta

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Bu Agustyatun serta netters dakwatuna yang saya hormati, senang rasanya bisa membagi ilmu dengan luas. Apalagi jika ada yang bisa saya ajak berkomunikasi secara langsung, baik dengan datang ke rumah atau hanya melalui saluran telephone / email saja. Karena citra arsitek mahal adalah sesuatu yang harus dihindari.

Desain yang baik dan benar justru akan membuat bangunan murah. Karena pembangunannya tidak salah langkah dan hasilnya juga menjadi indah. Apalagi jika dikaitkan dengan desain yang sesuai dengan syariat Islam.

Untuk desain kali ini saya membuat 2 pintu masuk ke dalam rumah. Ruang tamu yang sejajar  dengan carport membuat ia cocok pada posisi tersebut. Tembok kamar menjadi pembatas ruang, hingga keberadaan ruang keluarga menjadi lebih terlindungi.

Di samping carport ada teras yang bisa saya jadikan pintu masuk ke ruang keluarga. Dengan 2 pola pintu masuk ini rumah akan menjadi nyaman. Karena ada pemisahan sirkulasi publik dan sirkulasi private / service.

Untuk lantai 2 yang kekurangan ruang tidur, saya buat ia menggantung di atas void dapur lama. Karena inilah area yang tersisa cukup luas  dan memiliki akses yang mudah. Hingga tidak terlalu banyak bongkar dan yang jelas hemat biaya.

Untuk jemuran, saya sarankan pindah ke lantai 3 saja. Dibuat cor dak beton di atas kamar mandi lantai 2. Bergabung dengan tangki air yang dapat di akses dengan menggunakan tangga putar. Dengan cara ini kita bisa memperoleh ruang cuci jemur yang lapang dan nyaman di atas.

Netters dakwatuna yang saya hormati, tampilan muka rumah yang lama tidak saya ubah total. Tiang lama di depan ruang keluarga hanya saya beri ornamen kaca pet beton dan batu alam. Hingga ia menjadi wajah utama muka rumah di lantai satu.

Untuk lantai 2 saya berikan box pagar di balkon yang menjulang tinggi. Hingga ia menjadi wajah utama bangunan di lantai 2. Dengan tidak merubah railing balkon lama dan pola struktur lantai 2 yang sudah ada.

Untuk carport saya kombinasi kan dengan atap kaca tempered dan balok beton diiringi permainan tembok garis abu – abu. Pola ini akan membentuk wajah utama rumah dari jalan. Pola ini juga aman bagi pandangan utama rumah, hingga tidak saling bersaing dan mengganggu satu dengan yang lainnya.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan ragu untuk bertanya ke email yang sudah di lampirkan. Selama masih sanggup saya jawab akan saya layani dengan baik.

Demikian Bu Agustyatun  dan netters sekalian. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wewb

 

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : [email protected]

(andan/sbb/dakwatuna)

ATUN - PONDOK KELAPA lt. 1 view 7ATUN - PONDOK KELAPA lt. 2 view 2ATUN - PONDOK KELAPA lt. 2 view 3ATUN - PONDOK KELAPA lt. 2 view 4ATUN FASAD - VIEW 1ATUN FASAD - VIEW 4ATUN FASAD - VIEW 6ATUN FASAD - VIEW 11

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 8,91 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Austria Larang Pembagian Al-Quran