Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Rahasia Kekuatan Pribadi

Rahasia Kekuatan Pribadi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Foto: bernaaltay.com)
Ilustrasi. (Foto: bernaaltay.com)

Judul Buku: Rahasia Kekuatan Pribadi
Penulis: Dr. Ibrahim Elfiky
Penerjemah: Aisyah
Penerbit: Zaman
Cetakan: I, 2014
ISBN: 978-602-1687-16-1
Tebal: 324 Halaman

Melejitkan Tujuh Kekuatan Diri

dakwatuna.com Manusia dilahirkan dengan membawa potensi hebat dalam dirinya. Namun, mengapa ada orang yang kehidupannya biasa saja, sementara ada yang bisa melakukan pencapaian bahkan memberi perubahan bagi khalayak?

Jawabannya bisa ditemukan di buku karya Dr. Ibrahim Elfiky. Buku yang telah diterjemahkan ke dalam lima bahasa, yakni Inggris, Prancis, Arab, Kurdi, dan Indonesia ini menjabarkan tujuh kekuatan yang dimiliki oleh tiap pribadi. Buku yang telah terjual lebih dari satu juta kopi di seluruh dunia ini akan membantu Anda untuk melejitkan potensi diri.

Adapun tujuh kekuatan pribadi itu meliputi: kekuatan kesadaran, kekuatan tujuan, kekuatan keyakinan, kekuatan cinta, kekuatan energi positif, kekuatan konsentrasi, dan kekuatan keputusan.

Di awal, manusia harus menyadari bahwa ia makhluk yang hebat. Ia pun harus mengetahui ada di posisi mana saat ini dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Untuk mengetahuinya, ia harus sering bertanya pada dirinya. Sebab, kualitas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada diri sendiri akan menentukan pula kualitas hidup Anda (hal. 44).

Seseorang juga harus memiliki tujuan. Adanya tujuan ini akan membuat hidupnya terarah. Untuk itulah, seseorang harus mampu berimajinasi, menciptakan impian-impian. Sebisa mungkin impian ini dituliskan di atas kertas biar kita selalu ingat. “Ketika Anda menuliskan mimpi Anda, Anda menggunakan tubuh dan pikiran secara bersamaan” (hal. 60). Dari impian itu akan lahir pemikiran yang matang, harapan yang besar, hasrat yang luar biasa, dan keyakinan yang mantap.

Keyakinan yang kokoh ini tidak hanya pada diri sendiri, tapi juga pada Tuhan dan orang lain. Tentang keyakinan pada diri sendiri, Dr. Elfiky menyontohkan Bruce Lee. Aktor laga paling dihormati di dunia ini meyakini sangat meyakini kemampuan dirinya. Beberapa tahun setelah meninggal, istrinya, Linda, membuka catatan harian Bruce Lee. Pada halaman pertama, dia membaca kata-kata begini: “Aku percaya pada diriku sendiri dan kemampuanku untuk sukses. Aku percaya aku bisa dan akan menjalani hidup sesuai dengan impian-impianku. Aku memiliki keyakinan mutlak.” (hal. 86).

Rahasia keempat yang dibeberkan oleh penulis adalah kekuatan cinta. Tiga komponen kuat dari cinta adalah memaafkan, mencintai, dan memberi. Pusat Penelitian Permaafan (The Frogiveness Research Center) di University of Wisconsin mengungkapkan selama lebih dari tiga belas tahun bahwa memaafkan adalah perawatan untuk pasien penyakit mental dan emosional mana pun dari jenis apa pun (hal. 109). Dengan cinta, emosi negatif dan rasa takut pun berkurang. Dengan memberi, tidak harus berupa materi, tapi juga bisa berupa waktu, pengetahuan, serta sikap baik, seseorang bisa merasakan hidup yang lebih bahagia.

Energi positif adalah kekuatan lainnya yang dimiliki manusia. Bahkan, ia adalah akar kekuatan. Tanpanya, manusia akan kehilangan keseimbangan. Ia tidak punya kendali dan keadaan akan gampang memengaruhinya. “Namun dengannya, kalian akan menyadari kekuatan-kekuatan kalian” (hal. 210).

Kekuatan berikutnya adalah konsentrasi. Konsentrasi adalah penyebab utama setiap keberhasilan – dan juga setiap kegagalan (hal. 240). Dengan menyadari kekuatan ini, seseorang yang sangat biasa-biasa saja bisa mencapai hasil-hasil luar biasa.

Rahasia terakhir adalah kekuatan keputusan. Ini adalah kekuatan terbesar manusia. Ia bisa memutuskan ke mana ingin pergi, apa yang ingin dilakukan, apa yang dipikirkan, dan ingin jadi seperti apa dia pada masa depan. Sebagaimana perkataan James Allen yang dikutip penulis: “Seorang manusia, cepat atau lambat, mengetahui bahwa dia adalah sang tuan pemilik kebun bagi jiwanya, sutradara untuk kehidupannya” (hal. 277).

Buku ini ditulis dengan bahasa sederhana. Cerita-cerita inspiratif juga kerap disertakan di tiap awal bab. Dukungan ilustrasi membuat buku ini makin mudah dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca.

Pengalaman Dr. Ibrahim Elfiky sebagai trainer andal di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia adalah jaminan mutu buku ini. Ia telah melatih lebih dari tujuh ratus ribu orang melalui seminar dan pelatihan yang digelar di seluruh dunia dengan tiga bahasa: Inggris, Prancis, dan Arab. Dr. Elfiky juga meraih 23 gelar diploma di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen, dan Pemasaran.

About these ads

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 6,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Airlangga. Aktif di komunitas Goodreads Indonesia regional Surabaya. Karya-karyanya berupa cerpen, puisi, resensi, artikel, dan fitur perjalanan pernah dimuat di Koran Jakarta, Jawa Pos, Majalah Sabili, Majalah Walida, Majalah Ummi, Azzeta Parenta, juga Backpackidea.

Lihat Juga

Musa dan Ayahnya. (akhwatmuslimah.com)

Inilah Rahasia dari Ayah Musa Sehingga Anaknya yang Berusia 7 Tahun Hafal 30 Juz Al-Quran dan Hadits