Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Indonesia Sumbang 200 Unit Karavan untuk Gaza

Indonesia Sumbang 200 Unit Karavan untuk Gaza

Ketua Harian KNRP Caca Cahayaningrat (kiri) menyerahkan bantuan 200 unit Karavan untuk Gaza kepada Ir. Wa'el A. Saqqa Sekjen Haiah 'Arabiyyah wad Dauliyyah li'imaar Gaza di Doha Qatar, Kamis (30/10/14). (KNRPMedia)
Ketua Harian KNRP Caca Cahayaningrat (kiri) menyerahkan bantuan 200 unit Karavan untuk Gaza kepada Ir. Wa’el A. Saqqa Sekjen Haiah ‘Arabiyyah wad Dauliyyah li’imaar Gaza di Doha Qatar, Kamis (30/10/14). (KNRPMedia)

dakwatuna.com – Doha, Qatar. Tiga kali penyerangan Zionis Israel ke Jalur Gaza pada tahun 2008, 2012 dan 2014 telah merenggut 3.655 jiwa warga sipil Jalur Gaza, Palestina. mengakibatkan hancurnya infrastruktur wilayah yang dihuni oleh sekitar 1,8 juta jiwa ini. Demikian dikatakan Direktur Pusat Kajian Timur Tengah Jawad Al Hamd dalam salah satu kertas kerja yang disampaikannya dalam 1st Humanitarian Forum to Support Palestinians yang diselenggarakan 29-30 Oktober di Doha Qatar.

Lebih lanjut Jawad Al Hamd menyampaikan, diantara infrastruktur Gaza yang hancur tersebut adalah rumah-rumah dan tempat tinggal warga lainnya. Ada 61.563 unit rumah warga Gaza rusak akibat serangan Israel dalam 3 kali penyerangan tersebut. Dari angka ini 39.500 unit diantaranya rusak dan hancur akibat 51 hari agresi Zionis Israel di tahun 2014. “Ini berarti, 64% rumah warga Gaza yang hancur akibat agresi Israel terjadi dalam penyerangan terakhir ke Jalur Gaza,” sebut Jawad.

Konferensi yang dihadiri wakil-wakil NGO (Non Government Organization) dari 30 negara ini juga membahas beberapa inisiatif yang dapat dilakukan lembaga-lembaga kemanusiaan dunia untuk membantu warga Palestina. Beberapa organisasi dan lembaga kemanusiaan langsung merespon inisiatif-inisiatif yang ditawarkan, tidak terkecuali Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP).

“KNRP langsung merespon salah satu inisiatif yang ditawarkan dalam konferensi ini terkait proyek rekonstruksi Jalur Gaza, salah satu program cepat tanggapnya yaitu program pengadaan Karavan (tempat tinggal darurat) bagi keluarga-keluarga Gaza yang kehilangan tempat tinggalnya,” jelas Caca Cahayaningrat Ketua Harian KNRP yang didampingi Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi, di Doha Qatar, Kamis (30/10) kemarin.

Caca menambahkan, KNRP menyalurkan bantuan langsung berupa sejumlah 200 unit Karavan bagi warga Jalur Gaza Palestina, “Alhamdulillah, Kamis (30/10) kemarin, dari donasi rakyat Indonesia, KNRP menyerahkan bantuan 200 unit Karavan senilai 300.000 Euro setara dengan Rp 4,5 milyar untuk warga Gaza yang langsung kami serahkan kepada Ir. Wa’el A. Saqqa, Sekjen Haiah ‘Arabiyyah wad Dauliyyah li’imaar Gaza (The Arab and International Commission to Build Gaza),” pungkasnya.

Selain membahas permasalahan kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan Palestina secara umum, beberapa Inisiatif Program yang disampaikan seperti inisiatif bantuan pendidikan, inisiatif rekonstruksi Gaza, inisiatif wakaf al-Aqsha, inisiatif bantuan untuk kaum wanita dan anak-anak Palestina menjadi pembahasan penting dalam konferensi yang diadakan oleh Qatar Charity ini.  (KNRPMedia/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Sabyan Kampanye Pembangunan Klinik THT di Palestina

Figure
Organization