Home / Berita / Daerah / Hari Sumpah Pemuda, Pemprov Sumbar Beri Hadiah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda, Pemprov Sumbar Beri Hadiah Pemuda

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno saat memberikan hadiah dan penghargaan “Pemuda Pelopor” tingkat Provinsi Sumbar tahun 2014. (pks.or.id)
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno saat memberikan hadiah dan penghargaan “Pemuda Pelopor” tingkat Provinsi Sumbar tahun 2014. (pks.or.id)

dakwatuna.com – Padang. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 pada Selasa (28/10) di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Padang. Upacara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim; Forkopimda Sumbar; dan Kepala SKPD se-Sumbar.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang dibacakan oleh Irwan, disampaikan bahwa peringatan Sumpah Pemuda menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk dapat menangkap semangat dan menyelami nilai-nilai yang terkandung di dalam peristiwa bersejarah tersebut. Oleh karena itu, Hari Sumpah pemuda sudah seharusnya diperingati setiap tahun guna membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita berharap masyarakat Indonesia, khususnya para pemuda, dapat melaksanakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 secara sungguh-sungguh dengan penuh khidmat dan bersahaja. Tidak saja memperingatinya, tetapi juga harus bisa memberikan dampak yang luas bagi terbangunnya rasa persaudaraan, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan bangsa,” pesan Menpora sebagaimana disampaikan oleh Irwan.

Irwan Prayitno menambahkan bahwa dalam era “revolusi mental” Presiden Jokowi, pemuda pun harus melakukan perbaikan mental. Mental yang baik sangat diperlukan para pemuda untuk mencapai kesuksesan hidup. Perbaikan mental yang dimaksud Irwan dapat berupa merubah dan memperbaiki diri, baik melalui pendidikan maupun lingkungan. Pemuda dengan mental yang baik akan siap menghadapi masa depan, menjelma dalam kesuksesan yang memberi banyak manfaat kepada masyarakat.

“Revolusi mental untuk Sumbar sudah dijabarkan dalam pendidikan karakter di berbagai sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Oleh karena itu, pemprov akan semakin mempergiatkan program ini (pendidikan karakter-red) agar lebih terasa dampak serta manfaatnya bagi pemuda dan pelajar,” ujarnya.

Salah satu mata acara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ialah penyerahan hadiah dan penghargaan kepada para pelajar berprestasi Sumatera Barat. Danrem 032/WBR menyerahkan piala bergilir kepada Gubernur Irwan, untuk kemudian diserahkan kepada para juara Lomba PBB (Pasukan Baris Berbaris) tingkat SLTA Kabupaten/Kota se-Sumbar. Juara I Lomba PBB diraih oleh Sekolah Usaha Perikanan Menengah 2 Kementerian Kabupaten Padang Pariaman, Juara II ialah SMAN 1 Payakumbuh, sedangkan Juara III diperoleh SMAN 1 Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Selain itu, Gubernur Irwan juga memberikan hadiah dan penghargaan “Pemuda Pelopor” tingkat Provinsi Sumbar tahun 2014. Pemuda Pelopor di bidang pendidikan diraih oleh Heni Purnama Sari (Pasaman), M. Asri (Pasaman Barat), serta Dertha Mukhtar (Kota Pariaman). Di bidang sosial budaya Pemuda Pelopor diraih oleh Ribut Anton Sujarwo (Kota Pariaman), Ikrar Mustaqin (Sawahlunto), serta Mita Wahyuni (Padang).

Gubernur juga memberikan penghargaan kepada Pemuda Pelopor bidang sumber daya alam dan lingkungan kepada Nofa Oktaria (Tanah Datar), Deded Fery Andesta (Payakumbuh), serta Widya Natalia (Pessel). Sedangkan di bidang industri dan ketahanan pangan, Pemuda Pelopor disematkan kepada Rahmi (Payakumbuh), Meylani Chandra (Limapuluh Kota), serta Fajuri Rahmadan (Kabupaten Solok). Terakhir, Gubernur Irwan memberi penghargaan Pemuda Pelopor dalam bidang informasi dan komunikasi kepada Rira Amelia Zulhit dari Pasaman Barat. (nur/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Kapri Nanda. (Facebook)

Tanpa Rasa Takut dan Sesal, Pemuda Ini Pamer Foto Hina Alquran

Organization