Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Dari Penjaranya, Pemimpin Separatis Kurdi Berpesan Tentang Perang di Kobani

Dari Penjaranya, Pemimpin Separatis Kurdi Berpesan Tentang Perang di Kobani

Abdullah Ocalan. (wikipedia)
Abdullah Ocalan. (wikipedia)

dakwatuna.com – Ankara. Sudah lebih dari sebulan Kobani, yang terletak di perbatasan Suriah-Turki, membara akibat perang antara pasukan organisasi Negara Islam di Irak dan Syam (ISIS) dan kelompok bersenjata Kurdi. Di waktu yang sama, polemik berlangsung di Turki tentang masa depan perdamaian antara Turki dan kelompok separatis Kurdi.

Namun ternyata pemimpin Partai Buruh Kurdistan (PKK), Abdullah Öcalan, yang selama ini memperjuangkan kemerdekaan Kurdistan dari Turki, justru mengirimkan pesan agar PKK dan pemerintah Turki benar-benar memelihara perdamaian yang sudah terwujudkan.

Pemimpin partai kiri bersenjata memperingatkan kedua belah pihak agar tidak terjebak para konspirasi pihak asing yang tidak ingin ada perdamaian antara pemerintah Turki dan kelompok Kurdi.

Öcalan, yang kini sedang menjalani hukuman penjara ini, juga mengajak kelompok Kurdi dan pemerintah untuk mengambil pelajaran dari peristiwa demonstrasi menentang pemerintah terkait perang yang sedang berlangsung di Kobani.

Hilangnya saling percaya antara kedua belah pihak, menurutnya, sangat berpotensi untuk menghancurkan perdamaian yang selama ini diusahakan. Saat ini harus ada langkah mempercepat proses perdamaian, bukan malah menghancurkannya. (msa/dakwatuna/aljazeera)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization