Home / Berita / Internasional / Asia / ISIS Mengklaim Telah Kuasai Kobani

ISIS Mengklaim Telah Kuasai Kobani

Video ISIS nyatakan telah kuasai Kobani. (rassd)
Video ISIS nyatakan telah kuasai Kobani. (rassd)

dakwatuna.com – Damaskus. Organisasi Negara Islam di Irak dan Syam (ISIS) secara resmi menyatakan telah menguasai wilayah Kobani yang terletak di perbatasan antara Suriah dan Turki. Hal itu dirilis Selasa (28/10/2014) dini hari tadi, melalui rekaman video berdurasi 5 menit 32 detik.

Dalam video yang dinyatakan diambil dari tengah kota Kobani yang berpenduduk mayoritas bangsa Kurdi, muncul wartawan Inggris yang menjadi seorang sandera ISIS bernama John Cantlie. Cantlie, yang diberi peran sebagai reporter dalam video tersebut, mengatakan berada di pusat kendali keamanan Partai Buruh Kurdistan (PKK).

Menurut Cantlie, sebagai reporter ISIS dalam video tersebut, perang di Kobani akan segera selesai dengan meraih kemenangan. Sebentar lagi perang melawan kelompok-kelompok bersenjata Kurdi itu akan memasuki tahap sweeping sisa-sisa kelompok Kurdi.

Cantlie juga mengatakan, “Organisasi ISIS telah menguasai hampir seluruh wilayah Kobani. Para mujahidin sangat hebat dalam menjalani perang jalanan. Sebentar lagi perang dengan orang-orang Kurdi itu akan segera berakhir.”

Cantlie menambahkan, “Selama sebulan ini, pasukan ISIS telah mengepung kota Kobani yang sangat penting ini. walaupun pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat selalu menggempur (kini telah menghabiskan dana setengah miliar Dolar/sekitarRp 6 triliun). Pasukan ISIS tetap bisa menguasai dua sektor Kobani, yaitu selatan dan timur.”

Tentang informasi mundur pasukan ISIS, Cantlie menyatakan tidak ada satu pun wartawan Barat di sana. Sehingga berita itu sama sekali tidak benar. Hal yang sama terkait dengan berita terbunuhnya banyak pasukan ISIS dalam serangan-serangan udara koalisi internasional. (msa/dakwatuna/rassd)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 8,20 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Protes terhadap sikap rasis Trump. (aljazeera)

Kemenangan Trump dan Pengaruhnya Terhadap Mesir