Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Mesir Larang Truk Tronton dan Kapal Turki Melintasi Wilayahnya

Mesir Larang Truk Tronton dan Kapal Turki Melintasi Wilayahnya

Sejak kudeta militer terjadi di Mesir, hubungan Turki-Mesir memburuk. Termasuk hubungan dagang  kedua negara. (islammemo.cc)
Sejak kudeta militer terjadi di Mesir, hubungan Turki-Mesir memburuk. Termasuk dalam hubungan perdagangan. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Kairo. Otoritas Mesir melarang truk tronton dan kapal Turki untuk melintas di wilayah Mesir dalam perjalanan menuju negara-negara Teluk.

Ahmad Amin, penasehat Menteri Transportasi Mesir untuk Urusan Transportasi Laut mengatakan, bahwa kebijakan ini diambil oleh kementeriannya setelah melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan beberapa pihak terkait lainnya. Mereka semua sepakat untuk menghapus kesepakatan dagang dengan pemerintah Turki, dan tidak melakukan perpanjangan kerjasama setelah MOU berkahir pada akhir bulan Maret 2015 mendatang. Ia mengatakan bahwa keputusan ini akan dijalankan pada awal April tahun depan.

Kesepakatan dagang antara Tukri dan Mesir ini pertama kali ditandatangani pada masa Presiden Mesir, Muhammad Mursi tahun 2012 lalu. Poin kesepakatan ini terkait dengan mempermudah kedua belah negara dalam hal transportasi hasil dagang masing-masing negara diterapkan untuk masa waktu 3 tahun, berakhir pada tanggal 29 April 2015.

Sejak kesepakatan itu pihak Turki dengan mudah membawa hasil negeriya dengan kapal dari pelabuhan Turki menuju pelabuh Mesir di propinsi Dimyath dan Port Said. Untuk kemudian barang-barang tersebut dibawa denga truk tronton melalui jalur darat melalui Mesir menuju pelabuhan Al-Adibah di laut Merah, untuk kemudian dibawa dengan kapal Turki menuju negara-negara Teluk. (msy/imo/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization