Home / Berita / Nasional / Benarkah Jokowi Salah Tempatkan Menteri-Menterinya?

Benarkah Jokowi Salah Tempatkan Menteri-Menterinya?

Para menteri di Kabinet Kerja. (Kompas)
Para menteri di Kabinet Kerja. (Kompas)

dakwatuna.com – Jakarta. Direktur PolCoMM Institute Heri Budianto menilai Kabinet Kerja yang dibentuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) tak tepat dalam penempatan posisi menteri. Kompetensi dan komitmen para menteri pun mengundang pertanyaan.

“Misalnya penunjukan Menkumham dari PDI Perjuangan ini kurang tepat, dan sebaiknya profesional yang mengisi posisi ini,” ujarnya seperti yang dilansir Kompas, Minggu (26/10) malam.

Sosok menteri yang dipersoalkan Heri adalah Yasonna Hamonangan Laoly. Selain Yasonna, Heri juga mengkritisi posisi kementerian yang diisi Yuddy Chrisnandi dan Siti Nurbaya. Menurutnya, Siti Nurbaya lebih tepat menempati posisi menteri yang sekarang diisi Yuddy, yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Saat ini Siti justru menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Lebih lanjut dia menilai, Kementerian PAN dan RB diisi oleh mantan birokrat yang punya akademis di bidang itu. “Saya berpikir justru Bu (Siti) Nurbaya yang pas di Menpan dan Birokrasi,” kata Heri.

Presiden Jokowi, ujar Heri, dengan menyertakan harapannya terhadap jajaran menteri saat pengumuman, Jokowi berharap terlalu tinggi para menterinya bisa bekerja optimal di pemerintahan.

“Kadang ada menteri yang dipuji berlebihan, nah ini tentu menjadi beban jika ternyata menteri yang bersangkutan tersebut tidak mampu bekerja,” ujar Heri. (paa/kom/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Kabinet Hasil Reshuffle Harus Lebih Pro-Dhuafa