Home / Berita / Nasional / Kepala BIN Maluku: Gayatri Belum Sebagai Anggota BIN

Kepala BIN Maluku: Gayatri Belum Sebagai Anggota BIN

Orang tua mendiang Gayatri, Deddy Darwis Wailissa memakai kopiah putih dan baju batik di Aula Kodim 1504 Pulau Ambon, Sabtu (24/10/2014). (Kompas.com/Rahmat Rahman Patty)
Orang tua mendiang Gayatri, Deddy Darwis Wailissa memakai kopiah putih dan baju batik di Aula Kodim 1504 Pulau Ambon, Sabtu (24/10/2014). (Kompas.com/Rahmat Rahman Patty)

dakwatuna.com Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Maluku, Brigadir Jenderal TNI Gustav Agus Irianto membantah jika Gayatri Wailissa (17) pernah direkrut dan mengikuti pelatihan sebagai anggota BIN.

Pernyatan ini disampaikan Gustav menanggapi pertanyaan sejumlah wartawan di sela-sela kunjungannya ke rumah duka mendiang Gayatri di kawasan Tantui Ambon, Sabtu (24/10/2014) petang.

“Bukan, dia belum anggota BIN. Dia hanya bercita-cita sebagai anggota BIN, jadi belum sebagai anggota BIN,” kata Gustav sebagaimana dilansir Kompas.

Gustav menjelaskan bahwa seseorang yang ingin bergabung menjadi anggota BIN harus melalui rekrutmen di Sekolah Tinggi Intelijen (STI). Kata dia, setiap anggota BIN pasti tercatat semua. Syarat masuk STI pun minimal harus berusia 18 tahun.

“Jadi ada kekeliruan. Karena angota BIN itu rekrutmennya di STI harus lulus SMA usianya 18 tahun,” ujarnya.

Dia mengatakan, siapapun boleh bergabung dengan BIN, tetapi harus melalui prosedur dan tes terlebih dahulu. Setelah dinyatakan lulus baru bisa mengikuti pendidikan di STI.

“Kalau ada yang bercita-cita ingin masuk ke BIN nanti kita wadahi tetapi hasrus sesuai prosedur,” ujarnya.

Soal kedekatan Gayatri dan elite TNI, dia enggan berkomentar banyak. “Tidak, tidak, saya tidak tahu nanti tanya saja ke Jakarta.

Sebelumnya, ayah almarhumah, Deddy Darwis Wailissa, saat menyampaikan sambutan keluarga di aula Kodim 1504, tempat persemayaman Gayatri, mengatakan bahwa anaknya telah menjadi anggota BIN. “Jadi yang jelas bahwa foto Gayatri ini sudah diterima sebagai anggota BIN,” ujar Deddy sambil menunjuk foto Gayatri yang mengenakan seragam BIN. (dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 7,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Turki: Ada Intelijen Suriah Berkuasa di Dalam ISIS