Home / Berita / Nasional / LAPAN Siapkan Drone yang Bisa Pecahkan Rekor MURI dengan Terbang Sejauh 300 KM

LAPAN Siapkan Drone yang Bisa Pecahkan Rekor MURI dengan Terbang Sejauh 300 KM

Kondisi puncak Gunung Merapi (kiri) dan kondisi Sungai Gendol (kanan). (lapan.go.id)
Kondisi puncak Gunung Merapi (kiri) dan kondisi Sungai Gendol (kanan). (lapan.go.id)

dakwatuna.comLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah membuat drone atau pesawat tanpa awak. Pesawat tanpa awak yang sering disingkat UAV (Unmanned Aerial Vechicle) buatan LAPAN ini telah dibuat dalam beberapa generasi, dan diberi nama LSU (LAPAN Survaillance UAV).

LSU generasi awal buatan LAPAN, LSU-01, digunakan untuk memotret kawah gunung Merapi di Yogyakarta untuk analisis potensi bencana lahar hujan atau lahar dingin, Jum’at lalu (17/10/2014) hingga hari Sabtu (18/10/2014). Pemotretan ini dilakukan untuk memantau wilayah rawan bencana tersebut, hasilnya dapat digunakan untuk mitigasi bencana, demikian seperti dikabarkan situs LAPAN, Kamis (23/10/2014).

Kegiatan pemotretan tersebut merupakan kerja sama antara Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Grup Riset Satelit dan Kedirgantaraan Universitas Gadjah Mada (UGM), serta Pusat Studi Bencana Alam. Pemotretan meliputi puncak Gunung Merapi dan kondisi terkini Sungai Gendol dari Hulu hingga Hilir.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengungkapkan bahwa LAPAN juga sudah mengembangkan drone generasi berikutnya, yaitu LSU-02, LSU-03, dan LSU-05. LSU-02 telah membuat rekor MURI terbang otonomus sejauh 200 KM dari Pameungpeuk ke Pangandaran. LSU-03 disiapkan untuk membuat rekor MURI dengan terbang sejauh 300 KM dari Pameungpeuk, Nusakambangan atau Pameungpeuk, Pantai Barat Jawa.

Sedangkan LSU-05 akan diuji terbang dengan kemampuan terbang hingga 8 jam dengan muatan sampai 30 Kg. “LAPAN siap mewujudkan cita-cita Presiden Jokowi untuk menggunakan drone/UAV untuk pemantauan wilayah Indonesia”, demikian pernyataan Thomas Djamaluddin dalam status Facebooknya, Kamis (23/10/2014). (dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

cuplikan-video-gembala-kambing-drone

(Video) Peternak Gunakan Drone untuk Gembalakan Dombanya