Home / Berita / Nasional / Relawan RZ Salurkan 1.473 Sarana Kebersihan

Relawan RZ Salurkan 1.473 Sarana Kebersihan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Salah satu kegiatan Gema Bersihati (Gerakan Masjid Bersih dan Hijau) di Mushalla Al-Ikhlas, Malang. (bigsmile/rz)
Salah satu kegiatan Gema Bersihati (Gerakan Masjid Bersih dan Hijau) di Mushalla Al-Ikhlas, Malang. (bigsmile/rz)

dakwatuna.com – Bandung. Hingga Agustus 2014, Relawan RZ (Rumah Zakat) telah menyalurkan 1.473 sarana kebersihan untuk 174 masjid dan mushalla yang dikunjungi Gema Bersihati (Gerakan Masjid Bersih dan Hijau). Dalam gerakan ini ditanam 1.845 tanaman ditanam di sekitar masjid. Gerakan ini pun melibatkan 1.159 masyarakat di 37 kota dan kabupaten di seluruh penjuru nusantara.

Para relawan berkolaborasi dengan masyarakat membersihkan masjid dan mushalla serta menghijaukan sekitar masjid dengan tanaman. Selain itu Relawan RZ pun menyerahkan bantuan berupa sarana kebersihan. Upaya ini telah berjalan sejak Februari 2013.

“Kami bergerak mengajak masyarakat untuk peduli akan kebersihan tempat ibadah. Pada dasarnya masjid digunakan umat muslim untuk beribadah minimal sehari lima kali. Namun, tingginya pemakaian masjid terkadang tidak sebanding dengan tingkat aktivitas pembersihannya,” tutur Nurmansyah, tim Media dan Relationship Relawan RZ, Rabu (22/10/14).

Gerakan ini juga sebagai bentuk inisiasi kepada masyarakat agar sering beribadah dan beraktivitas di masjid. “Salah satu faktor masjid atau mushalla sepi dari jamaah yaitu karena masjid dan mushallahnya kurang bersih dan gersang. Padahal Allah suka dengan kebersihan dan keindahan,” ujar Nurmansyah.

Salah seorang pengurus Mushalla Al-Ikhlas di Malang mengaku senang dengan kedatangan Gema Bersihati. “Dulu mushalla ini pernah didatangi dan dibersihkan mahasiswa juga. Tapi itu sudah lama, sekitar empat tahun yang lalu. Kami harap kegiatan ini berkesinambungan, sehingga mushalla terus bersih dan masyarakat ikut tergerak untuk konsisten membersihkan mushalla,” ujarnya.  (bigsmile/rz/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Lihat Juga

Masjid Ramah Anak