Home / Berita / Internasional / Afrika / Menteri Energi Madagascar Dipecat Setelah Gagal Atasi Pemadaman Listrik

Menteri Energi Madagascar Dipecat Setelah Gagal Atasi Pemadaman Listrik

Presiden Madagascar, Hery Rajaonarimampianina (aljazeera.com)
Presiden Madagascar, Hery Rajaonarimampianina (aljazeera.com)

dakwatuna.com – Madagascar. Presiden Madagascar, Hery Rajaonarimampianina, memecat Menteri Energi, Fienena Richard, akibat pemadaman listrik yang berulang di negara tersebut disebabkan krisis energi.

Dalam keterangan pers, Kantor Kepresidenan Madagascar menjelaskan bahwa pemecatan Richard disebabkan manajemennya yang buruk dalam mengelola perusahaan pemerintah untuk listrik dan air serta pemadaman listrik yang sering terjadi.

Lebih lanjut, Presiden Hery menugaskan Menteri Ekonomi Madagascar, Gal Herilanto Raveloarison, untuk memimpin sementara Kementerian Energi sampai menteri yang baru ditunjuk.

Menyikapi pemecatan tersebut, ketua fraksi parpol asal menteri yang dipecat di parlemen, Velobart Malavonge, menyebutkan bahwa Presiden Hery belum menyampaikan keputusan pemecatan tersebut kepada partainya.

Menurutnya, Menteri Fienena Richard selama ini hanya menjalankan program yang dicanangkan oleh Presiden Hery, sehingga tidak seharusnya melimpahkan seluruh kesalahan kebijakan kepada dirinya.

Dalam hal ini, pemecatan tersebut merupakan yang pertama dalam pemerintahan Madagascar yang baru terbentuk pada April lalu setelah Hery Rajaonarimampianina terpilih menjadi Presiden Madagascar pada Desember 2013 lalu. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.